Fajrin, Ahmad Hanif (2017) Peran pendidikan ekonomi di lingkungan pesantren dalam pembentukan perilaku ekonomi yang berwawasan Pancasila di Pondok Pesantren Al-Muhibbin Tambakberas Jombang / Ahmad Hanif Fajrin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fajrin Ahmad Hanif. 2017. Peran Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Pesantren Dalam Pembentukan Perilaku Ekonomi Yang Berwawasan Pancasila Pada Pondok Pesantren Al-Muhibbin. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E (II) Dr. H. Agung Haryono M.P. S.E. Ak. Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Pesantren Perilaku Konsumsi Berwawasan Pancasila. Pendidikan merupakan upaya sadar untuk menolong diri sendiri untuk menumbuhkan segenap potensi moral karakter. Berdasarkan UU Sisdiknas 2003 salah satu tujuan dari dari pendidikan adalah membentuk karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tertua di Indonesia yang mengedepankan ajaran agama. Karena ajaran agama merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah pendidikan mengenai sikap dan nilai. Pondok pesantren Al-Muhibbin Tambakberas Jombang merupakan pesantren yang melakukan berbagai inovasi pendidikan dengan sistem pendidikan yang terstruktur dengan masih mempertahankan mengajarkan kitab islam klasik yang berkaitan dengan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan ekonomi di pesantren serta perannya dalam membentuk perilaku ekonomi yang berwawasan Pancasila. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas sampai mendapatkan kejenuhan data. Subyek penelitian ini adalah santri pondok pesantren Al-Muhibbin Tambakberas Jombang. Prosedur pengumpulan data dengan observasi dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis yang telah dilakukan diketahui pondok pesantren Al-Muhibbin merupakan model pesantren kolaboratif. Pembelajaran ekonomi santri terintegrasi dari kitab islam klasik. Pembiasaan ekonomi santri diperoleh dari program baitul mall syiar dakwah koperasi. Peran pendidikan ekonomi di pondok pesantren Al-Muhibbin berupa pembelajaran dan pembiasaan dengan dasar pijakan nilai-nilai agama islam. Sehingga membentuk dua belas perilaku ekonomi santri yang berwawasan nilai-nilai pancasila dengan enam dasar terbentuknya perilaku. Ciri khas pendidikan dan pembelajaran pesantren yang berkaitan dengan ekonomi yaitu Barokah Ta dzim Tawadlu Ikhitiyar Takziran Tirakat Khususiyah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada pondok pesantren Al-Muhibbin untuk lebih memerhatikan pembelajaran dan pendidikan ekonomi agar pembentukan karakter santri dapat lebih tercapai. Selain itu untuk pengajar agar lebih memberikan inovasi berupa metode dan model pembelajaran ekonomi di pesantren agar terbentuk perilaku ekonomi yang berwawasan pancasila. Bagi peneliti lain untuk meneliti lebih dalam lagi mengenai pendidikan ekonomi pesantren yang berwawasan pancasila. ABSTRACT Fajrin Ahmad Hanif. 2017. The Role of Economic Education at Environmental Islamic Boarding Establishment of Economic Behavior Tendency In The Perspective Pancasila At boarding school Al-Muhibbin Tambakberas Jombang. Thesis S2 Economic Education Program Postgraduate State University Of Malang Advisors (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E (II) Dr. H. Agung Haryono M.P. S.E. Ak. Keyword Economic Learning in Boarding School Economic Behavior of Pancasila Characters. Education is a conscious effort to help oneself to cultivate all potential moral character. Based on UU National Education 2003 Act one of the goals of education is to form a character based on Pancasila values. Islamic boarding school is the oldest educational institution in Indonesia that emphasizes religious teachings. Because religious learning is the most important part of an education on attitudes and values. Al-Muhibbin Tambakberas Jombang is a islamic boarding school that conducts various educational innovations with a structured education system while still maintaining teaching the classical Islamic book related to the economy. The purpose of this research is to know the economic education in pesantren and its role in shaping economic behavior with Pancasila insight. This research was qualitative case study approach. This research analyzes performed interactively and lasted continuously until complete saturation to get the data. The subjects of this study were students Al-Muhibbin Tambakberas Jombang boarding school. The procedure of collecting data through observation documentation and interview. Based on the results of research and analysis that has been done is known Al-Muhibbin islamic boarding school is a model of collaborative. The economic learning of santri s is integrated from the book of classical Islamic. The economic habituation of santri is obtained from baitul mall program syiar da wah and koperasi. The role of economic education in Al-Muhibbin islamic boarding school in the form of learning and habituation on the basis of Islamic religious values. So as to form twelve economic behavior of santri s with insight of pancasila s values with six basic form of behavior. Characteristic of education and learning related to the economic in islamic boarding school of Barokah Ta dzim Tawadlu Ikhitiyar Takziran Tirakat Khususiyah. Based on the research results it can be suggested to the Al-Muhibbin boarding school for more attention to learning and education economics so that the character formation of students can be better achieved. In addition to teaching in order to better provide the innovation of methods and models of economic learning environmental boarding school order to form a sound economic behavior of Pancasila. For other researchers to examine more deeply about economic Pancasila s education in boarding schools.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61353 |
Actions (login required)
View Item |