Pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan dengan model pembelajaran terpadu (integrated learning models) / Misbahul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan dengan model pembelajaran terpadu (integrated learning models) / Misbahul Huda

Huda, Misbahul (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan dengan model pembelajaran terpadu (integrated learning models) / Misbahul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda Misbahul. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kewirausahaan dengan Model Pembelajaran Terpadu (Integrated Learning Models) Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Dr. Dwi Wulandari M.M Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kewirausahaan dan Model Pembelajaran Terpadu Penelitian ini bertujuan 1). Mengembangkan perangkat pembelajaran kewirausahaan dengan model pembelajaran terpadu yang akan digunakan dalam mata diklat kewirausahaan dengan produk akhir berupa silabus RPP buku panduan guru dan buku ajar. 2). Mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran kewirausahaan dengan model pembelajaran terpadu yang dilakukan dengan penelitian pre-experimental Design (one short case study) . . Model perancangan/pengembangan dan penelitian ini menggunakan model Dick and Carey yang terdiri dari sembilan langkah penelitian yaitu 1). Identifikasi kebutuhan dan menentukan tujuan umum 2). Melakukan analisis instruksional 3). Mengidentifikasi tingkah laku awal dan karakteristik siswa 4). Merumuskan tujuan kinerja atau tujuan pembelajaran khusus 5). Pengembangan tes acuan patokan 6). Pengembangan strategi pembelajaran 7). Pengembangan atau memilih materi pembelajaran 8). Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif 9). Revisi tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa tingkat ketepatan bahan ajar kewirausahaan 94 31% tingkat kejelasan 93.75% tingkat kemenarikan 88 88% sedangakn hasil validasi silabus sebesar 91 35 RPP 91 87 dn buku panduan guru 92 5%. Persentase indikator tersebut termasuk dalam kualifikasi sangat layak untuk dijadikan perangkat pembelajaran dan tidak perlu dilakukan revisi. Komentar dan saran dijadikan sebagai bahan untuk menyempurnakan bahan ajar Kewirausahaan. Uji efektifitas dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan hasil bahwa bahan ajar ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan kenaikan hasil post tes dari 62 4% di siklus 1 menjadi 80 64% di siklus 2 dan siswa mengikuti pembelajaran dengan antusias dan terinspirasi untuk membuka usaha dibidang fotografi desain grafis dan video editing setelah lulus dari SMK. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kewirausahaan dengan model pembelajaran terpadu sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kewirusahaan dengan model pembelajaran terpadu pada SMK N I Kraksaan kelas XIII Multimedia semester 1.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61352

Actions (login required)

View Item View Item