Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menerapkan konsep home economics di lingkungan kehidupan aktivitas siswa / Yatnawati Ayu Kertini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menerapkan konsep home economics di lingkungan kehidupan aktivitas siswa / Yatnawati Ayu Kertini

Kertini, Yatnawati Ayu (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menerapkan konsep home economics di lingkungan kehidupan aktivitas siswa / Yatnawati Ayu Kertini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kertini Yatnawati Ayu. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Konsep Home Economics di Lingkungan Kehidupan Aktivitas Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS. Ed. (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata kunci Pembelajaran Ekonomi Home Economics Keadaan di lingkungan yang diteliti para siswa masih kurang memahami pentingnya kegiatan ekonomi yang ada di keluarga untuk mencapai kesejahteraan hidup. Siswa masih belum memahami pengelolaan sumber daya keuangan keluarga yang ada di rumah tangga siswa. Seperti merencanakan dan mengelola sumber daya keuangan keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Melihat hal tersebut guru perlu menerapkan pembelajaran Home Economics dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Home Economics dengan model problem based learning. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Home Economics di SMA dengan menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap aktivitas ekonomi dalam rumah tangga pada siswa kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Design Based Research (DBR). Produk hasil pengembangan berupa buku panduan pembelajaran yang berisi (silabus RPP bahan ajar instrumen penilaian) dan lembar kerja siswa. Produk divalidasi oleh pengguna guru ekonomi dan siswa. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sumber. Hasil validasi pengguna terhadap Silabus RPP Bahan Ajar menunjukkan bahwa produk telah valid dan tidak perlu dilakukan revisi. Hasil validasi siswa terhadap Lembar Kerja Siswa menunjukkan bahwa produk telah valid dan tidak perlu revisi. Hasil pencapaian kinerja siswa menunjukkan (1) 93 75% saat siswa bekerja secara berkelompok melakukan tindakan pemecahan masalah (2) 93 75% menyusun laporan tertulis dalam pengembangan menggunakan sumber-sumber yang relevan dan menyusun laporan tepat waktu (3) 75% siswa melakukan presentasi laporan kurang jelas cukup menguasai materi dan cukup untuk merespon pertanyaan dan komentar siswa lain secara tepat (4) 50% siswa dalam belajar secara kelompok/tim kurang berbagi tugas diantara anggota kelompok cukup bersaing dalam memberi masukan dan sangat bagus memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan masukan. Peneliti memberikan saran untuk mengoptimalisasikan pemanfaatan pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut (1) diharapkan hasil pengembangan yang dihasilkan dapat digunakan oleh pengguna (guru ekonomi) dalam mengembangkan konsep Home Economics di lingkungan kehidupan aktivitas siswa dan (2) hasil pengembangan diharapkan mampu dijadikan pertimbangan untuk menyajikan materi Home Economics di dalam kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61351

Actions (login required)

View Item View Item