Mianto, Prayogo Richi Noveris (2017) Internalisasi nilai-nilai kewirausahaan: studi fenomenologi di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu / Prayogo Richi Noveris Mianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mianto Prayogo Richi Noveris. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Studi Fenomenologi Di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M Ed. (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja M Ak Keywords nilai kewirausahaan sekolah menengah atas Banyak diakui bahwa kewirausahaan (entrepreneur) memiliki peranan penting karena berkontribusi terhadap pemerintah dunia usaha maupun masyarakat secara luas. Kewirausahaan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus penyediaan lapangan pekerjaan baru melahirkan kreativitas serta dapat meningkatkan daya saing atau nilai tambah bagi masyarakat serta terjadinya peningkatan produktivitas Dengan demikian maka Indonesia perlu meningkatkan jumlah wirausahawan agar dapat menjadi negara maju dan mampu bersaing dalam MEA. Upaya peningkatan jumlah wirausaha dapat dilakukan dengan penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui pembelajaran kewirausahaan. Haryati (2014 67) mengatakan bahwa pembelajaran kewirausahaan mampu membentuk perilaku wirausaha dan jiwa kepemimpinan dalam keterkaitannya dengan pengelolaan usaha untuk membekali siswa agar mampu berusaha sendiri. Penelitian di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu ini bertujuan melihat proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada siswa dengan melihat (1) pemahaman dan komitmen guru/ pengelola dalam memaknai kewirausahaan (2) implementasi rangkaian proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada peserta didik yang dilakukan guru meliputi aspek perencanaan (pembuatan RPP) aspek proses pembelajaran dan aspek evaluasi (3) peran lingkungan dan organisasi (sekolah) dalam mendukung proses pembelajaran dalam upaya internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada siswa. Dengan fokus penelitian yang didasarkan pada pengalaman guru dan pembimbing kewirausahaan maka penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa guru dan pembimbing memaknai pembelajaran kewirausahaan sebagai proses menemukan bakat siswa dan menanamkan nilai-nilai kewirausahaan yakni kreatif inovatif disiplin percaya diri konsisten tidak mudah putus asa berani mengambil resiko memiliki jiwa kepemimpinan dan komunikatif. Melalui pemahaman tersebut guru dan pembimbing menuangkannya dalam perencanaan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran dan juga melakukan evaluasi. Terdapat peran dan dukungan dari pihak yayasan dan sekolah terhadap pembelajaran kewirausahaan dalam upaya internalisai nilai-nilai kewirausahaan. Peran dan dukungan tersebut berupa penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran kebijakan yang mendukung proses pembelajaran dan pemberian apresiasi bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |