Redesain pembelajaran ekonomi di SMK Negeri 1 Batu / Yosita Vemi Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain pembelajaran ekonomi di SMK Negeri 1 Batu / Yosita Vemi Rismawati

Rismawati, Yosita Vemi (2017) Redesain pembelajaran ekonomi di SMK Negeri 1 Batu / Yosita Vemi Rismawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rismawati Yosita Vemi. 2016. Rdesain Pembelajaran Ekonomi di SMK Negeri 1 Batu. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo. M.Ec. (2) Dr. Mit witjaksono MS.Ed. Keywords ekonomi pendidikan SMK pembelajaran adaptif Materi ekonomi sebagai salah satu bagian dari mata pelajaran IPS yang dilaksanakan di SMKN 1 Batu untuk Jurusan Jasa Boga selama ini dilaksanakan layaknya pelajaran ekonomi di SMA. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan mata pelajaran adaptif sebagai pelajaran yang mendukung mata pelajaran produktif. Selain itu pelaksanaan pembelajaran materi ini selama 1 semester dan harus menuntaskan 10 Kompetensi Dasar dirasa cukup memberatkan mengingat setengah waktu dari semester ini dilaksanakan untuk kegiatan prakerin. Tujuan dari pengembangan ini adalah mendesain ulang pembelajaran pada materi ekonomi dalam mata pelajaran IPS yang selama ini tidak terlaksana dengan baik dalam rangka memudahkan guru untuk memberikan pembelajaran materi ekonomi secara tuntas dan memberikan kebermaknaan bagi siswa dalam setiap ektivitas pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR). Produk dari penelitian dan pengembangan berupa Desain pembelajaran untuk materi ekonomi yang meliputi panduan pembelajaran untuk guru dan lembar kerja siswa. dalam panduan guru tercakup RPP bahan ajar tugas siswa serta instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa (1) Hasil uji validasi prototype dilakukan oleh praktisi dan siswa. Hasilnya diperoleh nilai diatas 85 dan berada pada kriteria nilai sangat baik dan tidak revisi. Halini membuktikan bahwa prototype hasil pengembangan ini layak digunakan dan diterapkan (2) Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa prototype desain pembelajaran materi ekonomi untuk SMK Jurusan Jasa Boga efektif dan dapat diterapkan oleh guru dan siswa dan (3) pemanfaatan desain pembelajaran ekonomi untuk SMK Jasa Boga sebagai panduan pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik pada nilai pengetahuan sikap maupun keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61348

Actions (login required)

View Item View Item