Perbandingan pembelajaran perpaduan Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa / Inaha Nurwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pembelajaran perpaduan Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa / Inaha Nurwati

Nurwati, Inaha (2017) Perbandingan pembelajaran perpaduan Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa / Inaha Nurwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurwati Inaha. 2016. Perpaduan Model Problem Based Learning Dan Mind Mapping Dengan Problem Based Learning Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. SE. M.P. Ak. Kata Kunci Problem Based Learning Mind Mapping Think Pair Share Hasil Belajar Kemampuan Berpikir Kritis Strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar salah satunya adalah variasi model pembelajaran karena dengan model pembelajaran guru dapat menciptakan kondisi belajar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini model Problem Based Learning dipadukan dengan Mind Mapping dan Problem Based Learning dipadukan dengan Think Pair Share untuk mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar pada kelompok siswa yang diajar dengan perpaduan model problem based learning dan mind mapping dengan kelompok siswa yang diajar dengan perpaduan model problem based learning dan think pair share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis model Problem Based Learning dan Mind Mapping lebih baik dari hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis model Problem Based Learning dan Think Pair Share. Data kemampuan berpikir kritis siswa Pengantar Ekonomi dan Bisnis dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Mind Mapping menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis kelas dengan model Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan kelas yang menggunakan model perpaduan Problem Based Learning dan Think Pair Share. Selain itu dengan melihat rata-rata hasil belajar yang menunjukkan bahwa rata-rata pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping lebih besar dari rata-rata hasil belajar model Problem Based Learning dan Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model perpaduan Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan kelompok siswa yang diajar dengan model perpaduan Problem Based Learning dan Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61347

Actions (login required)

View Item View Item