Disma, Almaydya Prischa (2017) Pengembangan bahan ajar cinta produk dalam negeri sebagai suplemen pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Almaydya Prischa Disma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Disma AlmaydyaPrischa. 2016. PengembanganBahan Ajar CintaProdukDalamNegerisebagaiSuplemenPelajaranEkonomi di SekolahMenengahPertama (SMP).Tesis. Program Studi s-2 PendidikanEkonomi FakultasPascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Wahjoedi. M.E. M.Pd(II) Prof. Dr.Hj. Sri UmiMintarti W. S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Bahan ajar CintaProdukDalamNegeri SuplemenPelajaranEkonomi Masyarakat Indonesia sangatmenggemaribarang-barangimpordengan kata lain warga Indonesia sangatkonsumtifdenganbarangimpor. BerdasarkanlaporanKementerianPerdaganganRepublik Indonesia perkembanganImpormenurutgolonganbarangperiode 2011-2016 kegiatanimpor yang mengalamipeningkatanpadabarangkonsumsipadatahun 2015 sebesar 5.422 8 danmeningkatmenjadi 6.158 7 padatahun 2016. Denganadanyahaltersebut makawawasantentangcintaprodukdalamnegeri yang dimasukkansebagaisuplemenpelajaranekonomi di SMP untukmenjadikansikapdanperilakusiswadalammengkonsumsibarang agar menggunakanprodukdalamnegeri. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalah 1) Untukmemberikanpengetahuansiswatentangprodukdalamnegeri 2) Untukmenghasilkansebuahprodukbahanajarcintaprodukdalamnegerisebagaisuplemenpelajaranekonomi yang dapatmemberikanpengetahuansiswatentangprodukdalamnegeri. Penelitian pengembangan bahan ajar cintaprodukdalamnegerisebagaisuplemenpelajaranekonomiini menggunakan model pengembangan DBR (Desain Based Research) yang terdiri dari 6 langkah. SasaranPenelitianterdiriatassasarankelompokbesar yaitukelas 7F 8H dan 9B SMP N 2 Kunjang Kediri. Berdasarkanhasilujivalidasipadaahlimateribahan ajar sertapraktisibahan ajar cintaprodukdalamnegerisebagaisuplemenpelajaranekonomi di SMP inipadaaspekkesesuaianmateridengan KI dan KD mendapatkanhasil 93 75% dengankriteriasangatbaik danpadaaspekpendukungmateripembelajaranmendapatkanhasil 91 25% dengankriteriasangatbaik. Sedangkanhasilujivalidasipadaahlidesainpengembanganbahan ajar padaaspekkesesuaianterhadapmaterimendapathasil87 5% dengankriteriasangatbaik danpadaaspekkesesuaiantampilanbahan ajar mendapat93 18% 88 63% dan 90 90% dengankriteriasangatbaik aspekkelayakanpenyajianmendapatkanhasil 95% 100% dan 100% dengankriteriasangatbaik danaspekmanfaatmendapatkanhasil100% 100% dan 100% dengankriteriasangatbaik. Berdasarkanhasilpenilaianangketpesertadidikdaribeberapabutirpertanyaandanpernyataantersebut bahan ajar cintaprodukdalamnegerisebagaisuplemenpelajaranekonomimemperolehskorsebesar87% untukkelas 7 skorsebesar 89 6% untukkelas 8 dan 82 03% untukkelas 9. Dapatdisimpulkanbahwapesertadidikmemberikantanggapan yang positifterhadapbahan ajar yang dikembangkanolehpeneliti bahan ajar yang dikembangkanlayakdanbaikdigunakanuntuksiswa SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61345 |
Actions (login required)
View Item |