Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA / Nisa Nuraini Surasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA / Nisa Nuraini Surasa

Surasa, Nisa Nuraini (2017) Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA / Nisa Nuraini Surasa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Surasa NisaNuraini. 2016. Proses BelajarSiswadalamMeningkatkanKemampuanBerpikirKritis Mata PelajaranEkonomi.Tesis Program StudiPendidikanEkonomi Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr.MitWitjaksono MS.Ed (2) Dr. H. SugengHadiUtomo MS Kata kunci proses belajar berpikirkritis ekonomi Berpikirmerupakanaktivitaskemampuan otak seseorang yang berhadapandengansuatupermasalahandan mengharuskanmemperolehsolusi. Dalamhalini yang akandibahasdandiulasadalahkemampuanberpikir kritisseseorang. Untukkemampuanberpikirkritisseseorangdalamduniapendidikanadalahkemampuankognitiftertinggiseseorangdalamhalpembelajaran di kelas. Proses belajarsiswatidakluputdariperansiswadalammerubahperilakuberpikirdalammengontruksi pengetahuan baikdari dalamlingkungansekolahmaupundariluarsekolah.Dalampembelajaranekonomi siswadianjurkandilatihmenggunakankemampuanberpikirkritisdalam proses belajarnyauntukmemamahamitentang pengetahuan ekonomi yang adadisekitarlingkungansiswa. Oleh karena itu untuk meningkatkankemanpuanberpikirkritisdan meningkatanpotensisiswadalamhasilbelajar yang melalui proses belajarsiswabaik di sekolahatau di luarsekolah. Penelitianinidilakukandenganfokuspenelitanuntukmendeskripsikanproses belajarsiswadalammatapelajaranekonomi usahasiswadalammeningkatkankemampuanberpikirkritis sertausaha guru dalammemotivasisiswadalammeningkatkankemampuanberpikirkritis. PenelitianinimenggunakanpenelitiankulitatifdantermasukjenispenelitianGrounded Theory. Pengambilanlokasipenelitian di SMA Negeri 5 Malang dan SMA Panjura Malang untukmendukungdanmemperkuatulasandari data di lapangan.Subjekpenelitianinipadasiswakelas XI IPS SMA Negeri 5 Malangdan SMA Panjura Malang. Pengumpulan data menggunakanmetodewawancara observasi dandokumentasi. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehkesimpulandarihasilpenelitiansebagaiberikut. Pertama siswakelas XI IPSdiSMA Negeri 5 Malang maupun di SMAPanjura Malangmemilikikemampuanberpikirkritisyangberagamdanberbedadalamprosespembelajaranekonomidisekolahkhususnyadalampembelajarankelas.HasilwawancaradiperolehpendapatbahwaKemampuanberpikirkritissiswaadalahsikapsiswadalamberpikirsecarareflek yang meresponmateripelajaranekonomi. untuksesuatuyangtidaksepertibiasa tidakpadaumumnya dantidaksepertirutinitas.Maksudnyabahwasesuatuyangtidaksamadanadanyatambahaninovasibarumenunjukkaniniadalahkreativitas. Kedua upayasiswadalammeningkatkankemampuanberpikirkritispadamatapelajaranekonomidenganusahasiswabersikapaktifdalammengemukakanpendapatbukanhanyaaktifmengemukakanpendapatsiswa di duasekolahmemilikiperbedaandalamberpikir. Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang lebihmenekankanpolaberpikirdarimemberikanpenjelasansederhana mempertimbangkankredibilitassuatusumber membuatkejelasandarisuatukesimpulan merekonstruksi argument ataupendapathinggamelakukantinjuanulang. Namun di SMA Panjurasiswakelas XI IPS dalammelakukankontruksipolapikirkritissiswahanyasampaisebatasmemfokuskanpertanyaan menganalisisargumendanmenjawabpertanyaantentangsuatupenjelasan. Ketiga usaha yang dilakukan guru dalammeningkatkankemampuanberpikirsiswadenganmenggunakanstrategipembelajaran yang variatif. Denganbegitusiswacenderungdiamsaat guru mulaimemberikanbeberapapenjelasandarisalahsatumateripelajaranekonomikarenapenggunaanstrategipembelajaran yang dilakukan guru begituvariatifkarenapenggunaansumberpembelajarandan media pembelajaran yang tepat. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61343

Actions (login required)

View Item View Item