Annisya' (2017) Pemanfaatan sumber belajar lingkungan dalam pembelajaran ekonomi di SMA / Annisya'. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Annisya 2016. PemanfaatanSumberBelajarLingkungandalamPembelajaranEkonomi di SMA. Tesis Program StudiPendidikanEkonomi PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. SugengHadiUtomo M.S. Kata kunci sumberbelajarlingkungan pembelajarankontekstual pembelajaranekonomi. Pembelajaranekonomi yang dilakukan di SekolahMenengahAtasseharusnyamenjadisebuahpembelajaran yang mampumemberikanmakna yang mendalambagi para pesertadidik. Proses pembelajaran yang dilakukanoleh guru danpesertadidikharusnyabisamembuatsiswamemperolehpengalaman-pengalaman yang bermanfaatbagikehidupannya. Sumberbelajardanpendekatanpembelajarannya juga harusmemperhatikankarakteristikpesertadidik yang diajar. Pemanfaatansumberbelajarlingkungansertapenerapanpembelajaransecarakontekstual (contextual learning) akanmelibatkanpesertadidikdenganaktifdalamproses pembelajaransehinggapesertadidikakanmemperolehpengalaman pengalamanbelajar yang sesuaidengantujuanpembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmendapatkanpemahaman yang mendalamtentang 1) bagaimanakahpemanfaatansumberbelajarlingkungandalampembelajaranekonomi di SMA Negeri 8 Malang 2)faktor yang mempengaruhi guru dalammemanfaatkansumberbelajarlingkungandalampembelajaranekonomi. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatandeskriptifkualitatif. Prosedur yang digunakandalampengumpulan data adalahdenganmenggunakanteknikwawancara observasidanstudidokumen. Sumber data dalampenelitianiniadalahkepalasekolah guru dan para pesertadidik di SMA Negeri 8 Malang serta pihak terkait yang ada di lokasi sumber belajar lingkungan.Penelitianinimengarahkanpenulissebagaiinstrumenkunci. Analisis data dalampenelitianinimenggunakanbeberapalangkahyaitureduksi data penyajian data daninterpretasipenarikankesimpulan. Metodepengecekankeabsahan data dalampenelitianinimenggunakantekniktriangulasi yang mana triangulasiinidilakukanpadasumber data data itusendiri sertametode yang dilakukan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemanfaatansumberbelajarlingkunganpelaksanaanpembelajaranekonomisudahdilakukanwalaupunbelummaksimal. Keberadaansekolah yang cukupstrategisdenganpusat-pusatsumberbelajar yang bisadimanfaatkanolehpesertadidik motivasi untuk peserta didik pemahaman peserta didik yang lebih baik serta pengalaman yang didapatkan oleh guru dan peserta didikmenjadikan guru berinisiatifuntukselalu berusaha memanfaatkan sumber belajar lingkungan yang ada di sekitar sekolah dalam proses belajarmengajar. Dari hasilpenelitian yang telah dilakukan maka disarankan 1) Guru hendaknya lebih memaksimalkan proses pembelajaran yang bisa dikaitkan dengan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar sekolah untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang seperti diharapkan.Guru hendaknya mengurangi penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran yang efektif haruslah lebih berfokus pada apa yang dilakukan peserta didik (student center). Guru harus lebih bisa berpikir dengan kreatif dalam menyusun perencanaan pembelajaraan yang akan digunakan dalam pembelajaran. 2) Guru komite sekolah dan instansi atau tempat yang akan dijadikan sebagai sumber belajar lingkungan dalam proses pembelajaran ekonomi diharapkan mempunyai hubungan kerjasama dan komunikasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61340 |
Actions (login required)
View Item |