Pradani, Rizki Febri Eka (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis potensi lokal di MAN 1 Situbondo / Rizki Febri Eka Pradani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pradani Rizki Febri Eka. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di MAN 1 Situbondo. Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi ME. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Potensi Lokal Guru dalam proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang terjadi di dalam kelas seringkali menggunakan perangkat pembelajaran yang siap pakai dengan kata lain guru memakai perangkat pembelajaran yang didapatkan dari internet tanpa ada upaya menyiapkan dan menyusun sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga memungkinkan perangkat pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekitar peserta didik. Dalam setiap pembelajaran di dalam kelas guru hanya melakukan penugasan yang ada pada LKS tanpa menyampaikan materi sebelumnya hal ini dirasakan oleh siswa bahwa pembelajaran selama ini siswa kurang memahami materi dan diperlukan model pembelajaran yang menarik dalam proses belajar mengajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Oleh karena itu perlu pengembangan perangkat pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang menghadirkan dunia nyata lingkungan siswa atau dengan kata lain yang dapat memunculka pemahaman kepada siswa terhadap potensi lokal yang ada di sekitar siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis potensi lokal untuk siswa MAN 1 Situbondo yang berupa RPP Buku panduan guru dan buku panduan siswa. Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis potensi lokal ini menggunakan prosedur pengembangan model Design Based Research (DBR) yang terdiri dari 6 fase yaitu 1) mengidentifikasi maslah 2) merumuskan produk pengembangan 3) mendesain produk pengembangan 4) melakukan ujicoba 5) melakukan evaluasi kelayakan 6) penyempurnaan dan mengkomunikasikan hasil pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli desain pembelajaran ahli materi dan praktisi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kriteria sangat baik/sangat layak yang berada pada kriteria diantara 80% - 100%. Hasil evaluasi kelayakan prototype pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis potensi lokal yang dilakukan oleh siswa diperoleh rata-rata hasil kelayakan sebesar 93 79% hasil ini juga diperkuat dengan hasil observasi guru sebesar 90%. Kemudian didukung dengan hasil post test siswa dengan rata-rata 85 86. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti selanjutnya peneliti mengungkapkan beberapa saran yaitu (1) pengembangan lebih lanjut perlu dikembangkan untuk seluruh aspek yang terkandung dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (2) pengembangan lebih lanjut juga perlu dikembangkan dalam 2 semester (3) pengembangan selanjutnya juga diperlukan menggunakan media elektronik yang lebih inovatif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61337 |
Actions (login required)
View Item |