Wardany, Derra Setya (2017) Identifikasi miskonsepsi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi menggunakan tes diagnostik two-tier multiple choice / Derra Setya Wardany. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardany Derra Setya. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Miskonsepsi Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Penguasaan konsep yang benar akan sangat berpengaruh kepada siswa ke depannya. Sebab konsep yang tertanam pada pemikiran siswa itulah yang nanti akan dibawa ke dalam pengaplikasian di kehidupan sehari-hari. Salah satu mata pelajaran yang terkait langsung di kehidupan sehari-hari siswa adalah mata pelajaran ekonomi. Pada mata pelajaran ekonomi khususnya pada tingkat SMA/MA terdapat banyak konsep dan teori ekonomi yang tidak hanya bersifat menghafal kata-kata saja namun juga terdapat konsep hitungan serta gambar kurva ataupun diagram. Kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan di sekolah menitikberatkan pada kemandirian siswa dalam membangun pemahamannya sendiri menjadikan siswa rentan mengalami miskonsepsi pada materi mata pelajaran ekonomi. Terdapat beberapa cara untuk dapat mendeteksi miskonsepsi siswa salah satunya dengan tes diagnostik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah miskonsepsi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan hasil identifikasi menggunakan tes diagnostik Two-Tier Multiple Choice faktor apa sajakah yang menjadi penyebab terjadinya miskonsespsi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi serta bagaimanakah solusi pemecahan permasalahan miskonsepi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian berada di SMAN 1 Malang. Sumber data peneletian ini merupakan sumber data primer yang diperoleh melalu hasil tes diagnostik dan wawancara. Instrumen tes diagnostik dianalsis menggunakan uji validitas uji reliabilitas daya pembeda tingkat kesukaran soal dan efektivitas fungsi opsi. Sedangkan hasil wawancara diolah dengan mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan member check dilakukan untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Miskonsepsi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan hasil identifikasi menggunakan tes diagnostik Two-Tier Multiple Choice tergolong dalam kategori sedang. Dimana menunjukkan siswa paling banyak mengalami miskonsepsi pada kategori konsep teori yakni sebesar 64%. Diikuti oleh kategori persamaan matematis sebesar 14% kategori grafis kurva sebesar 11% kategori istilah sebesar 7% dan miskonsepsi siswa paling sedikit adalah kategori gambar yakni sebesar 4% 2) Faktor penyebab terjadinya miskonsespsi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi ada tiga yaitu siswa guru dan sumber belajar dan 3) Solusi pemecahan permasalahan miskonsepi siswa SMA pada mata pelajaran ekonomi adalah dengan meningkatkan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran memperbaiki sistem pembelajaran di kelas dimana ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh guru dan yang sebaiknya dilakukan oleh guru mengecek kembali sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61336 |
Actions (login required)
View Item |