Peran ibu rumah tangga dalam kegiatan domestik, produktif dan sosial kemasyarakatan (studi kasus di Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro) / Nur Almaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran ibu rumah tangga dalam kegiatan domestik, produktif dan sosial kemasyarakatan (studi kasus di Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro) / Nur Almaida

Almaida, Nur (2017) Peran ibu rumah tangga dalam kegiatan domestik, produktif dan sosial kemasyarakatan (studi kasus di Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro) / Nur Almaida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Almaida Nur. 2016. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Kegiatan Domestik Produktif dan Sosial Kemasyarakatan (Studi Kasus Di Desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak (2) Prof. Dr. Wahjoedi M.E M.Pd Kata Kunci Peran Ibu Rumah Tangga Pendidikan Ekonomi Keluarga Keluarga adalah unit terkecil masyarakat yang memegang peranan penting dalam proses pendidikan informal. Ibu rumah tangga pekerja sektor informal merupakan anggota keluarga yang memiliki peran dan tanggung jawab ganda terhadap keluarganya ibu menjunjung tinggi perannya sebagai ibu yang mengurus semua pekerjaan rumah tangga disisi lain ibu juga berperan melakukan kegiatan produktif sebagai upaya meningkatkan kemakmuran keluarga. Gejala ini menarik untuk dikaji secara mendalam terkait perannya dalam kegiatan domestic produktif dan sosial kemasyarakatan peran ekonominya dalam memenuhi kebutuhan keluargaserta perannya dalam memberikan pengetahuan pendidikan ekonomi keluarga kepada anak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini dilakukan di desa Banjarjo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data reduction data display conclusing drawing/verivication. Subyek dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitianmenjelaskan bahwa (1) adanya kerja sama pembagian peran yang setara dan seimbang dalam melakukan kegiatan domestik produktif dan sosial kemasyarakatan.Penelitian tentang pembagian peran dapat memberikan kontribusi dalam konteks pendidikan informal dilingkungan keluarga proses pembagian peran memberikan pemahaman-pemahaman secara teoritis dimana pembagian peran tersebut mengajarkan bagaimana mendistribusikan tugas dalam rangka menjaga efisiensi dan keseimbangan system keluarga dan masyarakat. Pembagian peran didalam keluarga juga memberikan kontribusi dalam Konteks pendidikan informal dari segi praktis yaitu melalui proses nyata yang dilakukan ibu rumah tangga dalam membagi peran dalam kegiatan domestik produktif dan sosial kemasyarakatan. (2) Ibu rumah tangga dalam memberikan pengetahuan pendidikan ekonomi keluarga kepada anak menunjukkan bahwa pemberian pendidikan ekonomi kepada anak melalui keteladanan membuat anak belajar kegigihan ibu dalam bekerja anak bisa mengetahui cara mengelola usaha anak bisa mandiri bertanggung jawab disiplin dan menerima apa adanya Penjelasan verbal yang diberikan ibu rumah tangga yang bekerja membuat anak paham dalam penggunaan uang paham dengan kondisi keuangan keluarga paham bagaimana susahnya mendapatkan uang Tuntunan perilaku yang relevan yang di berikan oleh ibu rumah tangga yang bekerja membuat anak terbiasa untuk menabung selektif dalam pemilihan barang dan terbiasa mengatur uang yang dimiliknya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) ada baiknya IRT tetap menjaga memelihara dan menghargai hubungan yang sudah terbangun baik antara IRT dengan anggota keluarga ataupun bukan anggota keluarga. (2) bagi ibu rumah tangga yang memberikan pengetahuan pendidikan ekonomi kepada anak sebaiknya tetap mempertahankan untuk tetap memberikan pendidikan ekonomi keluarga kepada anak agar anak terbiasa bijak dalam menggunakan uang. (3) bagi kalangan pemerhati wanita pemerintah dinas terkait dan kalangan akademisi dapat memberikan perhatian dan pendampingan secara konsisten. (4)Bagi Peneliti lain Ketika peneliti lain ingin melakukan penelitian yang sejenis hendaknya peneliti bisa mengembangkan dan menemukan faktor-faktor lain selain faktor-faktor yang telah di temukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61335

Actions (login required)

View Item View Item