Rasidi, Nanang Dani (2017) Pengembangan Accounting Board Game (ABG) sebagai media pembelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang / Nanang Dani Rasidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rasidi Nanang Dani. 2016. Pengembangan Accounting Board Game (ABG) Sebagai Media Pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E M.Pd (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Wijaya SE. MP.Ak. Kata kunci gamification board game simulasi pendidikan akuntansi siklus akuntansi perusahaan jasa siklus akuntansi perusahaan dagang permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Accounting Board Game (ABG) yang layak pakai. ABG dikembangkan dengan latar belakang adanya stereotip bahwa akuntansi itu membosankan komplek dan kurang menarik sulitnya mencari tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang sesuai dengan kompetensi dan kegemaran usia pelajar bermain game. Keterbatasan utama dari penelitian ini adalah dalam mengukur efektifitas media pembelajaran karena hanya menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana idealnya menggunakan eksperimen dengan kelas kontrol dan pembanding. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R D) dengan menggunakan konsep gamification. Gamification merupakan konsep yang sangat sesuai jika melakukan pengembangan media pembelajaran dan mentransformasikannya dalam suatu kegiatan berbentuk game. Model pengembangan yang digunakan adalah model hybrid dari Kapp. Model hybrid dipilih karena pendekatan ini sangat sesuai apabila melakukan pengembangan menggunakan konsep gamification. Tahapan pengembangan produk ABG melalui 9 tahapan pengembangan yang terdiri dari 1) Menentukan tujuan pembelajaran 2) Menentukan jenis konten yang akan di ajarkan 3) Mendesain game 4) Membuat purwarupa game 5) Uji perseorangan dan revisi 6) Uji produk pada kelompok kecil dan revisi 7) Finalisasi produk 8) Validasi ahli dan revisi 9) Implementasi dan revisi akhir. Validasi dilakukan oleh ahli akuntansi ahli media pembelajaran dan praktisi/guru. Tahapan implementasi dilakukan di SMKN 1 Bondowoso. Berdasarkan hasil validasi ahli ABG sangat layak untuk di uji cobakan atau digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ABG sangat menyenangkan memotivasi. Unsur simulasi dan kompetensi tambahan dalam ABG memberikan kesempatan praktik dan membawa suasana PKL ke dalam kelas. Selain permainan ABG yang atraktif namun juga efektif dalam dalam memberikan perubahan sikap perbaikan pengetahuan dan pengembangan keterampilan peserta didik terkait penerapan dari teori dan konsep akuntansi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |