Pengembangan bahan ajar berbasis cerita untuk menanamkan literasi ekonomi pada siswa sekolah dasar / Bayu Permata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis cerita untuk menanamkan literasi ekonomi pada siswa sekolah dasar / Bayu Permata

Permata, Bayu (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis cerita untuk menanamkan literasi ekonomi pada siswa sekolah dasar / Bayu Permata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permata Bayu. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Untuk Menanamkan Literasi Ekonomi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Jenjang Magister Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. hari wahyono M.pd. (II) Dr. H.Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. AK CA. Kata Kunci Bahan ajar berbasis cerita Literasi ekonomi Literasi ekonomi adalah sebuah pengetahuan ekonomi yang terkait dengan tingkah laku seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Salah satu contoh dari literasi ekonomi adalah lebih mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan. Pada konteks siswa SD maka siswa bisa diberikan pemahaman untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung atau keperluan lain dalam menunjang pendidikannya. Ketika siswa sudah memahami literasi ekonomi maka siswa diharapkan mampu untuk mengelola keuangannya. Artinya bahwa siswa mampu membuat sebuah keputusan yang sifatnya memenuhi kebutuhan bukan memenuhi keinginan. Salah satu caranya melalui penggunaan bahan ajar sebagai pembelajaran yang berisi tentang materi literasi ekonomi konsep yang akan dirancang sesuai kurikulum 2013. Metode yang digunakan untuk pengembangan bahan ajar adalah pendekatan Design Based Research (DBR) yang memiliki ciri khusus yaitu sebuah model penelitian pengembangan produk berdasarkan kebutuhan dan yang dibutuhkan serta melibatkan dan berkolaborasi dengan pengguna hasil pengembangan (praktisi). Pendekatan Design Based Research terdiri dari enam fase yaitu (1) mengidentifikasi masalah (2) merumuskan produk pengembangan (3) desain dan pengembangan produk (4) uji coba produk (5) evaluasi hasil uji coba produk (6) mengkomunikasikan hasil. Hasil validitas yang diuji oleh ahli rancangan pembelajaran layak digunakan dengan beberapa revisi. Hasil Produk pengembangan yang telah divalidasi oleh ahli telah dilakukan analisis dan hasil analisisnya sebanyak 75 2% hal ini menunjukkan bahwa rancangan materi dari buku ajar ini masuk dalam katagori layak digunakan dengan catatan direvisi. Adapun beberapa hal yang telah direvisi adalah (1) pada judul perlu dimunculkan untuk siswa sekolah dasar kelas berapa (2) konsistensi penggunaan huruf perlu dicermati (3) layout desain cover perlu memperhatikan pusat paragraf. Dari hasil ahli materi produk pengembangan yang telah divalidasi oleh ahli telah dilakukan analisis dan hasil analisisnya sebanyak 78 4% hal ini menunjukkan bahwa rancangan materi dari buku ajar ini masuk dalam katagori layak digunakan dengan catatan direvisi. Adapun beberapa hal yang telah direvisi adalah (1) alur cerita belum tampak (2) alur cerita ditambah lebih jelas.Dengan demikian bahan ajar cerita bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tingkat presentase angket respon siswa mencapai 78 91% yang termasuk dalam katagori baik. Selanjutnya bahan ajar cerita bergambar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar tentang literasi ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan tingkat presentase angket respon siswa mencapai 75 35% yang termasuk dalam katagori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61332

Actions (login required)

View Item View Item