Sulistyowati, Eny Eko (2017) Pengaruh lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan di sekolah, serta achievement motivation terhadap minat berwirausaha siswa SMA Negeri se Kabupaten Malang / Eny Eko Sulistyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sulistyowati Eny Eko. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Serta AchievementMotivation Terhadap Minat BerwirausahaSiswa SMA Negeri Se Kabupaten Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. (II) Prof.Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. Kata kunci lingkungan keluarga pendidikan kewirausahaan achievementmotivation minat berwirausaha Masalah rendahnya minat wirausaha lulusan SMA tidak hanya menjadi tanggung jawab keluarga. Perlu dilakukan perubahan pola pikir dari pencari kerja menjadi pencipta kerja dan pendidikan berperan sangat penting dalam melakukan perubahan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan pemberlakuan model pendidikan Life Skill Education atau pendidikan kecakapan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga pendidikan kewirausahaan di sekolah serta achievementmotivation terhadap minat berwirausaha siswa SMANegeri se-Kabupaten Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswaSMA Negeri se-Kabupaten Malang. Proses penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh sampel sejumlah 347 siswa SMA. Proses pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha siswa hal ini dapat diartikan ketika keluarga mengajarkan dan memberi keteladanan tentang menjadi seorang wirausaha maka anak (siswa SMA) akan semakin berminat untuk mencoba berwirausaha (2)pendidikan kewirausahaan disekolah memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha siswa hal ini berarti semakinmenarik dan relevan pembelajaran kewirausahaan disekolah maka semakin berminat siswa untuk menjadi seorang wirausaha kedepannya (3)Achievement motivation berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa ini berarti semakin tinggi achievement motivation dalam diri siswa maka semakin tinggi pula keinginan untuk menjadi wirausaha. Bertitik tolak dari temuan penelitian tersebut dapat diajukan saran sebagai berikut kepada pihak sekolah disarankan dalam melakukan pembelajaran kewirausahaan dapat mengikuti perkembangan dunia usaha seperti menggunakan sumber belajar yang bervariasi mendatangkan wirausaha yang sukses serta mengadakan seminar untuk orang tua siswa tentang peran keluarga dalam meningkatkan minat anak menjadi wirausaha.Kepada siswa terutama yang ingin terjun di bidang wirausaha agar membekali diri dengan mengikuti pembelajaran disekolah dengan lebih baik lagidan melakukan praktek kewirausahaan yang diprogramkan sekolah. Kepada peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian berkaitan dengan minat berwirausaha siswa untuk mempertimbangkan variabel lain seperti variabel efikasi diri jenis kelamin serta memperluas populasi penelitian siswa SMA sekolah swasta di Kabupaten Malang untuk memperkaya kajian ilmu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61330 |
Actions (login required)
View Item |