Hubungan antara keaktifan dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang / Dwi luluk Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keaktifan dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang / Dwi luluk Indrawati

Indrawati, Dwi Luluk (2016) Hubungan antara keaktifan dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang / Dwi luluk Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati Dwi Luluk. 2016. Hubungan antara Keaktifan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si. (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Keaktifan Hasil Belajar Belajar merupakan proses yang aktif. Proses aktif ditandai dengan perubahan sebagai hasil belajar. Hasil belajar akan diperoleh secara maksimal jika siswaterlibat langsungsehingga keaktifan sangat diperlukan dalam pembelajaran. Jadi tidak ada belajar jika tidak ada aktivitas. Keaktifan memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa bukan melalui pemindahan pengetahuan saja. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran keaktifan siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang dalam pembelajaran mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang dan mengetahui hubungan antara keaktifan dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan rancangan penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu semua siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Kota Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 43 siswa. Sampel penelitian sebanyak 43 siswa diambil dari semua anggota populasi. Data keaktifan siswa diambil dengan menggunakan metode observasi sedangkan data hasil belajar menggunakan metode dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Product Moment menggunakan bantuan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 3 siswa (7 0%) memiliki keaktifan sangat tinggi dalam pembelajaran 8 siswa (18 6%) memiliki keaktifan tinggi dalam pembelajaran 21 siswa (48 8%) memiliki keaktifan yang sedang dalam pembelajaran 8 siswa (18 6%) memiliki keaktifan rendah dalam pembelajaran dan 3 siswa (7 0%) memiliki keaktifan sangat rendah dalam pembelajaran. Nilai rata-rata (mean) keaktifan siswa yaitu 28 30 (2) 8 siswa (18 6%) memperoleh hasil belajar sangat tinggi dalam pembelajaran 10 siswa (23 3%) memperoleh hasil belajar tinggi dalam pembelajaran 12 siswa (27 9%) memperoleh hasil belajar sedang dalam pembelajaran 9 siswa (20 9%) memperoleh hasil belajar rendah dalam pembelajaran dan 4 siswa (9 3%) memperoleh hasil belajar sangat rendah dalam pembelajaran. Nilai rata-rata (mean) hasil belajar siswa yaitu 68 49. Dari keterangan diatas terlihat bahwa siswa memiliki keaktifan dan hasil belajar sedang dalam pembelajaran. Hasil analisis uji normalitas diketahui bahwa variabel independen dan variabel dependen memiliki distribusi normal. Sedangkan dari hasil analisis uji korelasi yang dimaksudkan sebagai uji hipotesis diperoleh nilai sig. (0 004) 0 05 dan rhitung (0 434) rtabel (0 301) sehingga hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keaktifan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item