Pengembangan model pembelajaran ekonomi lesehan / Ambar Sunarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran ekonomi lesehan / Ambar Sunarsih

Sunarsih, Ambar (2017) Pengembangan model pembelajaran ekonomi lesehan / Ambar Sunarsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunarsih Ambar. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Lesehan. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjkasono MS.Ed (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Model Pembelajaran Lesehan Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif Pembelajaran ekonomi kurang bisa menumbuhkan minat peserta didik dalam belajar karena sebagian besar peserta didik beranggapan bahwa pelajaran ekonomi kurang menarik dan sulit dipahami.Pembelajaran ekonomi hendaknya bersifat interaktif berlangsung secara kooperatif dan kolaboratif dapat menginternalisasi nilai-nilai kebersamaan kekeluargaan toleransi saling menghargai dan demokrasi dalam partisipasi belajar.Model pembelajaran lesehan menjadi alternatif yang bisa dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi di kelas agar lebih bermakna dan menghargai perbedaan setiap individu pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan Desain Based Research (DBR) dengan 6 fase pengembangan diantaranya 1) identifikasi masalah 2) merumuskan produk pengembangan 3) desain dan pengembangan produk 4) uji coba produk 5) evaluasi dan 6) mengkomunikasikan hasil. Uji coba skenario pembelajaran ekonomi model lesehan dilaksanakan pada kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah peserta didik 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kuesioner dan wawancara. Berdasarkan kriteria penilaian produk hasil validasi ahli sebesar 97% dan validasi pengguna sebesar 87 92% ini berarti skenario model lesehan sudah memenuhi indikator sangat layak dan bisa diuji coba. Hasil analisis terhadap respon peserta didik setelah pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil kelayakan sebesar 96 5% dari persentase tersebut dan diperjelas dengan respon kualitatif peserta didik maka dapat dikatakan bahwa model Lesehan dapat diimplementasikan pada materi menganalisis permasalahan ekonomi dan cara mengatasinya. Analisis observasi keterlaksanaan dari observer diperoleh hasil 90 47% ini menunjukkan pelaksanaan skenario pembelajaran model lesehan sudah sangat baik artinya produk yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan. Saran yang dapat diberikan terkait dengan pemanfaatan adalah memperhatikan alokasi waktu pelaksanaan pemberian bimbingan secara kontinu motivasi dan umpan balik terhadap kinerja peserta didik perlu mengenal karakteristik peserta didik sebagai acuan dalam membentuk kelompok belajar.Saran pengembangan bagi peneliti lain dapat mengembangkan skenario pembelajaran ekonomi model lesehan pada kompetensi dasar yang lain dengan memperhatikan karakteristik materi karakteristik peserta didik maupun kondisi sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61329

Actions (login required)

View Item View Item