Pengembangan bahan ajar kompetensi mengelola dana kas kecil berbasis media flash pada siswa SMK Bisnis dan Manajemen / Indri Dwiyantiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kompetensi mengelola dana kas kecil berbasis media flash pada siswa SMK Bisnis dan Manajemen / Indri Dwiyantiningrum

Dwiyantiningrum, Indri (2017) Pengembangan bahan ajar kompetensi mengelola dana kas kecil berbasis media flash pada siswa SMK Bisnis dan Manajemen / Indri Dwiyantiningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwiyantiningrum Indri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Kompetensi Mengelola Dana Kas Kecil Berbasis Media Flash pada Siswa SMK Bisnis dan Manajemen. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.M M.Pd (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.S Keyword Pengembangan Bahan Ajar Media Flash Mengelola Dana Kas Kecil Penerapan teknologi modern dalam berbagai bidang termasuk bidang pendidikan memberikan efek positif terhadap meningkatnya kualitas pendidikan dimana proses belajar dan mengajar dibantu dengan menggunakan sebuah media aplikasi yang dapat dijalankan dengan mudah oleh siswa. Tujuan penelitian ini menghasilkan bahan ajar bagi siswa SMK khususnya kompetensi mengelola dana kas kecil mengetahui kelayakan serta keefektifan media flash sebagai bahan ajar mengelola dana kas kecil. Model yang digunakan dalam pengembangan adalah modelBorg and Gall dengan 8 langkah tahapan penelitian. Objek penelitian ini dilakukan pada SMK bisnis dan manajemen jurusan administrasi perkantoran. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar berbasis media flash bahan ajar cetak dan buku panduan penggunaan bahan ajar. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar modul dan buku panduan penggunaan bahan ajar layak dipergunakan dan tidak memerlukan revisi. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahan ajar berbasis media flash sangat layak untuk dijadikan bahan ajar mengelola dana kas kecil dan tidak perlu dilakukan revisi dilihat dari tingkat ketepatan tingkat kejelasan serta tingkat kemenarikan. Untuk buku panduan hasil persentase yang diperoleh termasuk dalam kualifikasi sangat layak digunakan untuk penunjang pengoperasian bahan ajar media flash. Sedangkan untuk penilaian siswa indikator ketepatan menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak dipergunakan dan tidak memerlukan revisi. Hasil indikator kejelasan bahan ajar ini sangat layak digunakan sedangkan indikator kemenarikan juga menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak dan tidak memerlukan revisi. Uji efektifitas yang dilakukan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan diantara kedua kelas yangberarti H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa saat menggunakan bahan ajar berbasis media flash serta adanya beberapa manfaat yang dapat dirasakan siswa sepertiperasaan senang dan lebih antusias untuk belajar siswa merasa sangat terbantu dalam memahami materi kompetensi mengelola dana kas kecil serta merasakan manfaat yang lebih dalam praktik pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61328

Actions (login required)

View Item View Item