Analisis efektivitas program adiwiyata dalam menumbuhkan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan di SMAN Adiwiyata Mandiri Kota Malang / Eka Indah Nurlaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis efektivitas program adiwiyata dalam menumbuhkan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan di SMAN Adiwiyata Mandiri Kota Malang / Eka Indah Nurlaili

Nurlaili, Eka Indah (2017) Analisis efektivitas program adiwiyata dalam menumbuhkan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan di SMAN Adiwiyata Mandiri Kota Malang / Eka Indah Nurlaili. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurlaili Eka Indah. 2016. Analisis Efektivitas Program Adiwiyata dalam Menumbuhkan Perilaku Konsumsi Berwawasan Lingkungan SMAN Adiwiyata Mandiri di Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Efektivitas Program Adiwiyata Pengetahuan Lingkungan Komitmen Perilaku Konsumen Berwawasan lingkungan. Pada tahun 2015 tercatat hampir 68% mutu air sungai di Indonesia dalam status tercemar berat. Pencemaran tersebut diakibatkan oleh manusia yang serakah dalam memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Program Adiwiyata hadir pada pendidikan formal sebagai usaha merubah paradigma siswa untuk berperilaku yang berwawasan lingkungan terutama saat melakukan konsumsi. Pada usia jenjang pendidikan SMA akan maksimal dalam membentuk perilaku. Sehingga pelaksanaan program adiwiyata dapat menumbuhkan perilaku konsumen berwawasan lingkungan jika di terapkan pada tingkat SMA terutama di SMA yang mendapatkan penghargaan tertinggi Adiwiyata Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program adiwiyata dalam menumbuhkan perilaku konsumen berwawasan lingkungan pada aspek input dan aspek outputnya. Aspek input dilihat dari pelaksanaan susunan program adiwiyata di sekolah. Sedangkan Aspek output dilihat dari pengaruh pengetahuan lingkungan dan komitmen siswa beserta interaksinya sebagai wujud program adiwiyata terhadap perilaku konsumen berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian mixed method dengan strategi penguatan yaitu penelitian kuantitatif yang diperkuat dengan hasil penelitian kualitatif. Data diambil dari populasi siswa kelas XI di SMAN 05 SMAN 08 dan SMAN 10 Kota Malang dengan jumlah sampel seluruhnya sesuai kebutuhan penelitian berjumlah 301 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan pedoman wawancara yang dikembangkan dari indikator masing- masing variabel. Data kuantitatif diolah menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan prosedur General Linear Models (GLM). Kemudian diperkuat dari hasil data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Semakin tinggi pengetahuan lingkungan siswa maka siswa sebagai konsumen memiliki kecenderungan untuk berperilaku konsumsi berwawasan lingkungan.(2) Semakin tinggi komitmen siswa maka siswa sebagai konsumen memiliki kecenderungan untuk berperilaku konsumsi berwawasan lingkungan. (3) Semakin tinggi interaksi pengetahuan lingkungan dan komitmen siswa sebagai wujud dari program adiwiyata maka siswa sebagai konsumen memiliki kecenderungan untuk berperilaku konsumsi berwawasan lingkungan. dan (4) Program adiwiyata ditinjau dari aspek input pelaksanaan program adiwiyata di sekolah masih belum efektif dalam menumbuhkan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61325

Actions (login required)

View Item View Item