Murdinar, Hardining Estu (2017) Pengembangan desain pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan perilaku produktif siswa / Hardining Estu Murdinar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Murdinar Hardining Estu.2016.Pengembangan Desain Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Perilaku Produktif Siswa Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr.Agung Haryono S.E M.P A.k. Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Perilaku Produktif. Pendidikan ekonomi yang bermutu akan menghasilkan SDM (pelaku ekonomi) yang bermutu dan memiliki wawasan serta sikap paham ekonomi seperti perilaku produktif sesuai tuntutan perkembangan zaman maka dipendidikan formal dibutuhkan guru ekonomi yang berkualitas dan profesional. Budaya produktif harus diterapkan dalam proses pembelajaran dengan membiasakan siswa untuk menghasilkan karya atau gagasan menulis gagasan merancang atau membuat model - meneliti - memecahkan masalah - menemukan gagasan baru. Sudah selayaknya guru memilih budaya produktif agar tercipta generasi profesional produktif dan efisien. Guru perlu melakukan educative teaching untuk merubah peran anak sebagai produsen seimbang dengan peran konsumen dalam hal ini guru sebagai fasilitator. Guru memiliki peran strategis menumbuhkan perilaku produktif pada seluruh peserta didik melalui pembelajaran ekonomi. Melalui metode model serta inovasi dalam penyampaian materi pada saat pembelajaran ekonomi guru memiliki kesempatan menanamkan perilaku produktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan perilaku produktif siswa yang disajikan dalam buku panduan pembelajaran bagi guru ekonomi yang layak untuk digunakan guru siswa serta efektif mampu meningkatkan persepsi siswa terkait perilaku produktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick Carey untuk menjawab tujuan penelitian. Desain uji coba menggunakan validasi ahli dan uji coba lapangan. Subjek uji coba adalah ahli materi dan ahli desain pembelajaran guru ekonomi dan siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 2 Pasuruan. Data penelitian terdiri dari data umum dan data khusus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket wawancara tes yaitu soal pre tes dan pos tes dan dokumentasi berupa silabus RPP daftar nilai siswa daftar hadir siswa dan tugas-tugas siswa. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan sebagai berikut (1) hasil penilaian dan tanggapan ahli materi ekonomi diperoleh hasil pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan perilaku produktif siswa layak dan dapat digunakan tanpa revisi dengan presentase 92 4%. (2) hasil penilaian dan tanggapan ahli desain pembelajaran diperoleh hasil pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan perilaku produktif siswa layak dan dapat digunakan tanpa revisi dengan presentase 83%. (3) hasil penilaian dan tanggapan siswa diperoleh hasil pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan perilaku produktif siswa sangat menarik dan dapat digunakan tanpa revisi dengan presentase 88%.(4) hasil belajar siswa melalui pre dan pos tes diperoleh hasil saat pre tes siswa yang berada pada kriteria jelek sebanyak 28 9% siswa yang berada pada kriteria kurang sebanyak 55 26% dan siswa yang berada pada kriteria baik sebanyak 15 7%. Pada saat pos tes sebanyak 42% siswa berada pada kriteria baik dan sebanyak 50% siswa berada pada kriteria sangat baik. Saran yang dapat diberikan kepada pihak sekolah adalah untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang telah ada agar dapat digunakan dengan baik sebagai media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta untuk lebih memperhatikan kedisiplinan guru terkait perangkat pembelajaran untuk terus menjaga kualitas pembelajaran.Saran untuk guru ekonomi sendiri adalah untuk terus melakukan inovasi dalam pembelajaran ekonomi baik dari metode model dan cara penyampaian materi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |