Widyastuti, Ery (2017) Internalisasi nilai-nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi siswa / Ery Widyastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widyastuti Ery. 2016.Internalisasi Nilai Nilai Ramah Lingkungan Dalam Perilaku Konsumsi Siswa Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Dr. H. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci Internalisasi perilaku konsumsi nilai nilai ramah lingkungan Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan sejauh mana respon siswa dan sekolah dalam proses internalisasi melalui strategi pendidikan karakter secara terpadu sehingga menjadi perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan. Penelitian ini mengambil dua sekolah yang mempunyai karakteristik yang berbeda yaitu di SMAN Bangil dan MAN Bangil yang mempunyai nilai tambahan pada nilai agama. Penelitian ini berusaha menggali bagaimana model desain dan pelaksanaan internalisasi yang diberikan oleh peneliti melalui pendekatan karakter terpadu di sekolah mampu menjadikan perilaku konsumen yang ramah lingkungan pada siswa. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena untuk mengetahui tingkat aktualisasi internalisasi dalam hal perilaku konsumsi ramah lingkungan diperlukan kenaturalan penggambaran yang deskriptif dan bersifat induktif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam mengkaitkan nilai nilai lingkungan ke dalam materi perilaku konsumsi melalui pembelajaran ekonomi telah mempengaruhi dan membentuk persepsi siswa tentang alasan mereka dalam melakukan perilaku konsumsi yang ramah lingkungan ini dibuktikkan dengan alasan penghematan uang dalam melakukan perilaku konsumsi tersebut. Sementara dari kebijakan yang dibuat oleh sekolah akan memunculkan alasan siswa tentang kedisiplinan dalam berperilaku konsumsi yang ramah lingkungan yang pada akhirnya membentuk diri yang peduli pada lingkungan. Dalam ekstrakurikuler siswa mendapat materi juga aktualisasinya sehingga membuat sikap dan minat siswa semakin mantap dalam mengerjakan perilaku konsumsi yang ramah lingkungan tersebut. Hasil aktualiasasi yang dilakukan oleh siswa di dua sekolah tersebut terdapat perbedaan hasil yaitu pada nilai belanja sesuai kebutuhan. Karena gaya hidup di keluarga dan komunitas ternyata berpengaruh dalam proses internalisasi. Sehingga dalam melakukan proses internalisasi tidak bisa hanya dilakukan di satu tempat saja lingkungan keluarga dan komunitas ternyata berpengaruh terhadap hasil dari proses internalisasi yang dilakukan. Dengan demikian disarankan supaya ada penelitian lanjutan yang meneliti tentang proses internalisasi nilai-nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi dari sekolah rumah dan lingkungan komunitas siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |