Pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 / Bahari Wahyu Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 / Bahari Wahyu Utomo

Utomo, Bahari Wahyu (2017) Pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 / Bahari Wahyu Utomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Bahari Wahyu. 2016. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Bernuansa Pasal 33 Ayat 1 UUD 1945. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed 2) Dr. Agung Haryono SE.MP.Ak Kata kunci pasal 33 ayat 1 UUD 1945 pembelajaran ekonomi Pembelajaran ekonomi yang terjadi selama ini mengadopsi nilai-nilai kapitalis-liberalis sehinga nilai-nilai tersebut terimplementasi ke dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi di Indonesia. Sehingga pemikiran peserta didik terbelenggunya paham-paham ekonomi barat Neo klasik yang menjadikan mereka lebih paham berkompetisi dibandingkan bekerjasama. Hal ini terjadi karena ilmu ekonomi barat berdasarkan liberalis individualis serta mengutamakan pamrih pribadi tidak ditentang oleh kampus-kampus/sekolah-sekolah bahkan diajarkan sebagai materi wajib tanpa koreksi sebaliknya ilmu ekonomi nasional yang berdasarkan konstitusi dengan demokrasi ekonomi yang mengemban paham kebersamaan dan asas kekeluargaan diabaikan oleh kampus-kampus maupun sekolah. Berpijak pada orientasi perekonomian nasional yang harus sejalan dengan amanat ekonomi nasional yang tertuang dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945. Maka orientasi perekonomian perlu diwujudkan dalam konteks pembelajaran ekonomi karena pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menyampaikan apa yang terkandung dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945 kepada peserta didik. Pengembangan pembelajaran ini menggunakan pendekatan Desain Based Research (DBR) dengan 6 langkah utama di dalam penelitian desain pengembangan adalah sebagai berikut (1) identifikasi masalah (2) merumuskan produk pengembangan (3) desain dan pengembangan produk (4) uji coba produk (5) evaluasi (6) mengkomunikasikan hasil. Data dikumpulkan melalui pengamatan wawancara survei analisis perangkat pembelajaran dan eksplorasi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XIPS2 SMAN 8 Malang. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu secara kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa skenario dan buku kegiatan siswa. Tingkat validitas skenario pembelajaran dari hasil tanggapan peserta didik pada saat uji coba sebesar 93 54% dengan kriteria sangat valid sedangkan buku kegiatan siswa memperoleh tingkat validitas sebesar 77 81% termasuk dalam kriteria valid. Dengan demikian produk pengembangan pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan untuk memahamkan dan menerapkan pasal 33 ayat 1 UUD 1945 serta menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya Saran pemanfaatan lebih lanjut pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 yaitu (1) Hasil pengembangan produk dapat diterapkan pada setiap pembelajaran ekonomi dalam menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan. (2) Hasil pengembangan dapat digunakan pengembangan aspek kognitif afektif maupun psikomotorik siswa. (3) Bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 hendaknya memperhatikan secara cermat skenario pembelajaran demi Karena keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajarannya yang diharapkan. v

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61320

Actions (login required)

View Item View Item