Indriani, Angela Merici Fina (2017) Pengembangan pembelajaran akuntansi perusahaan dagang de- ngan model contextual project-based learning / Angela Merici Fina Indriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indriani Angela Merici Fina. 2016. Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang dengan Model Contextual Project Based Learning. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. SE. M.P. Ak. Kata kunci project based learning contextual learning akuntansi perusahaan dagang pendidikan ekonomi Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan perangkat pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project based learning yang akan digunakan dalam mata diklat akuntansi perusahaan dagang dengan produk akhir berupa RPP buku panduan guru buku ajar dan lembar kerja siswa 2) mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project based learning yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick Carey Carey (2009). Alasan pemilihan model ini karena model Dick Carey Carey cocok untuk mengembangkan perangkat pembelajaran seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Produk hasil pengembangan adalah perangkat pembelajaran yang berupa RPP buku panduan guru buku ajar dan lembar kerja siswa. Produk akan divalidasi oleh ahli pendidikan dan ahli materi serta guru pengajar. Uji coba lapangan dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas XI Keuangan di SMK Negeri 1 Pamekasan. Hasil validasi ahli pendidikan terhadap RPP dan buku panduan guru menunjukkan bahwa produk cukup valid dan perlu dilakukan revisi kecil. Hasil validasi ahli materi terhadap buku ajar menunjukkan bahwa produk telah valid dan tidak perlu revisi. Hasil validasi oleh guru pengajar terhadap RPP buku panduan guru dan bahan ajar menunjukkan bahwa produk cukup valid dan perlu ada revisi kecil. Berdasarkan hasil validasi tersebut selanjutnya dilakukan revisi terhadap perangkat pembelajaran dan hasil validasi oleh guru pengajar setelah revisi terhadap RPP buku panduan guru dan buku ajar menunjukkan bahwa produk telah valid dan tidak perlu ada revisi. Uji coba lapangan dilakukan dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan 98% siswa menyukai proses pembelajaran ini. Lembar kerja siswa dan buku ajar masing-masing mendapat skor 79% dan 88% yang berarti mereka cukup puas dengan LKS dan buku ajar tersebut dan 87% siswa memperoleh pengalaman belajar secara nyata. Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa perangkat pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project based learning layak untuk digunakan dan pembelajaran ini mendapat respon yang cukup baik dari siswa serta siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Saran penelitian ini adalah perlu dilakukan uji coba melalui eksperimen untuk mengetahui keefektifan produk. Selain itu karena siswa memiliki karakteristik yang unik sehingga produk perlu disetalakan terlebih dahulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61318 |
Actions (login required)
View Item |