Pengembangan skenario discovery learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA / Afi Sulthoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan skenario discovery learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA / Afi Sulthoni

Sulthoni, Afi (2017) Pengembangan skenario discovery learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA / Afi Sulthoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulthoni Afi. 2016. Pengembangan Skenario Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M. Ed (2) Dr. Mit Witjaksono M. S. Ed. Kata Kunci Discovery Learning peduli kelangkaan pilihan biaya peluang Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang mampu memberikan dampak tidak hanya jangka pendek yang dapat dirasakan saat itu juga maupun jangka panjang yang dapat dijadikan pedoman bagaimana menyikapi pemenuhan kebutuhan yang semakin beragam dengan berbagai keterbatasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skenario Discovery Learning yang menekankan kemampuan peserta didik dalam mengkonstruk dan menemukan bentuk pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Materi ajar (kelangkaan pilihan biaya peluang) dikembangkan dengan mengintegrasikan nilai kepedulian dan menjadi dasar dalam mengembangkan skenario yang mampu menumbuhkan kepedulian dalam setiap aktivitas ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) yang lebih menekankan pada arti penting desain dan penelitian pengembangan dalam memecahkan permasalahan. Lokasi penelitian adalah SMAN Candipuro dengan subyek uji coba kelas X.1 semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Jenis data yang diperlukan adalah data primer yang didapat dari wawancara pengamatan serta angket respons dan tanggapan/saran. Analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif digunakan untuk menjelaskan tahapan pengembangan dan menafsirkan data yang diperoleh dari pengamatan penilaian kinerja siswa dan respons maupun tanggapan/saran. Hasil penelitian ini adalah skenario discovery learning menumbuhkan kepedulian untuk ikut serta dalam memecahkan permasalahan riil yang terjadi di lingkungan sekitar dan menumbuhkan kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah sumber daya yang melekat/dilingkungan terdekat peserta didik. Mengajarkan proses berpikir menjadi sangat penting sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dengan mencari tahu bukan diberi tahu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61316

Actions (login required)

View Item View Item