Pengembangan model pembelajaran "Citizen Journalism" / Masnurul Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran "Citizen Journalism" / Masnurul Hidayat

Hidayat, Masnurul (2017) Pengembangan model pembelajaran "Citizen Journalism" / Masnurul Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Masnurul. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Citizen Journalism .Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. Dwi Wulandari M.M. Kata Kunci Citizen Journalism Pembelajaran Kontekstual Pembelajaran Debat Aktif. Pengembangan model pembelajaran citizen journalism menawarkan sebuah konsep pembelajaran pada ranah mahasiswa untuk melakukan analisis sintesis dan evaluasi terkait fenomena ekonomi yang sedang terjadi. Model pembelajaran ini terdiri dari empat fase yaitu (1) fase kontekstual (2) fase analisis masalah (3) fase class conference dan (4) fase broadcast. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan model pembelajaran citizen journalism (2) untuk mengetahui kualitas pengembangan model pembelajaran citizen journalism (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran citizen journalism. Peneliti dalam mengembangkan model pembelajaran citizen journalism menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) yang mempunyai ciri khusus yakni sebuah model penelitian pengembangan produk berdasarkan kebutuhan peserta didik selain itu juga melibatkan dan berkolaborasi dengan ahli media dan rancangan pembelajaran. Uji Efektivitas dilakukan menggunakan metode eksperimen kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek uji coba pengembangan dilakukan kepada mahasiswa semester tiga offering DD-DD sebagai kelas kontrol dan offering D-D sebagai kelas ekperimen Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ahli materi rancangan pembelajaran dan ahli desain model pembelajaran memberikan penilaian bahwa model pembelajaran citizen journalism layak digunakan dengan beberapa revisi dengan jumlah persentase sebesar 83 3%. Hasil uji coba melalui metode eksperimen kelas terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Ketuntasan hasil belajar kelas kontrol saat diberikan pre-test adalah 9 75% ketuntasan hasil belajar saat post-test adalah 51 22%. Sedangkan hasil belajar kelas eksperimen saat diberikan pre-test adalah 9 52% ketuntasan hasil belajar saat post-test adalah 100%. Hasil analisis gain score pada kelas kontrol sebesar 0 283 hal ini berarti peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada katagori rendah sedangkan gain score pada kelas eksperimen sebesar 0 644 hal ini berarti peningkatan hasil belajar mengunakan model pembelajaran citizen journalism berada pada katagori sedang. Hal ini berarti pengembangan model pembelajaran citizen journalism lebih efektif digunakan daripada model pembelajaran konvensional. Saran dari pengembangan model pembelajaran citizen journalism yakni model ini dapat digunakan pada mata kuliah yang memiliki tingkat analisis tinggi perlu melakukan identifikasi materi yang up to date dalam pemilihan materi. Selain itu dapat juga dilakukan pengembangan model pembelajaran dengan menekankan pembahasan tentang model pembelajaran kuantum. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61315

Actions (login required)

View Item View Item