Pengembangan model pembelajaran ekonomi MicMac / Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran ekonomi MicMac / Ariyanti

Ariyanti (2017) Pengembangan model pembelajaran ekonomi MicMac / Ariyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanti. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi MicMac. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M. Pd . (II) Dr. Agung Haryono SE. MP. Ak Kata Kunci MicMac model pembelajaran ekonomi simulasi dan permainan caring economic Selama ini pemaknaan konsep ekonomi khususnya mengenai prinsip ekonomi adalah bagaimana manusia mendapatkan keuntungan maksimal dengan pengorbanan minimal. Peserta didik hanya diajarkan mengenai cara meningkatkan produktivitas yang diukur berdasarkan angka dan materi semata. Hal ini membuat peserta didik semakin tidak mengenal sikap peduli empati dan toleransi dalam berekonomi.Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan selayaknya tidak hanya berfokus pada nilai kognitif dan ukuran materiil semata. Model pembelajaran MicMac dikembangkan sebagai salah satu upaya menanamkan kepedulian dalam kegiatan berekonomi. Model ini menggunakan simulasi dan permainan sebagai basis utamanya. Model MicMacmerupakan peniruan terhadap kondisi nyata pasar dimana akan ada penjual pembeli dan transaksi perdagangan. Bonus diberikan kepada penjual dan pembeli yang mampu mencapai target yang ditetapkan dalam permainan. Bonus juga diberikan kepada pemain yang memberikan bantuan/pertolongan kepada pemain lain di akhir simulasi. Model pembelajaran yang dikembangkan dirancang dengan mengunakan acuan pada desain pembelajaran model Borg Gall. Produk dalam penelitian pengembangan ini berupa (1) panduan model pembelajaran ekonomi MicMac (2) perangkat pembelajaran dan (3) handout materi konsep dasar ilmu ekonomi.Tujuan penelitian untuk mengetahui respon dan minat peserta didik. Sedangkan pengukuran dampak pembelajaran dengan model MicMac dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas X IPS 3 SMA Negeri Pasirian Lumajang yang terdiri dari 30 peserta didik Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan diketahui bahwa MicMac dapat meningkatkan hasil belajar dari 21 % pra tindakan menjadi 83 % peserta didik yang tuntas belajar pasca tindakan. Peserta didik mengungkapkan bahwa MicMac adalah model pembelajaran yang menyenangkan dan menarik membantu dalam memahami materi pembelajaran mengajarkan sikap peduli dan etika moral dalam berekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61314

Actions (login required)

View Item View Item