Optimalisasi sumber balajar ekonomi yang melekat pada siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA / Peggy Delita Merida - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimalisasi sumber balajar ekonomi yang melekat pada siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA / Peggy Delita Merida

Merida, Peggy Delita (2017) Optimalisasi sumber balajar ekonomi yang melekat pada siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA / Peggy Delita Merida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Merida Peggy Delita.2016. Optimalisasi Sumber Belajar Ekonomi yang Melekat Pada Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA.Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E.Ak M.P. (2) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed Kata Kunci Sumber Belajar yang melekat pada siswa Pembelajaran Ekonomi. Belajar dan pembelajaran yang terjadi dikelas dilakukan oleh guru sebagai tokoh sentral dan siswa adalah salah satunya belajar dan pembelajaran ekonomi. Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari aktivitas pelaku ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kepuasan dan mata pelajaran ekonomi merupakan ilmu yang penting untuk siswa dalam menjalani kehidupan melalui pemahaman ekonomi yang baik siswa dapat melakukan kehidupannya dengan baik dan dapat menjadi pelaku ekonomi secara mikro dengan benar dan nantinya akan menjadi bagian dari masyarakat dan negara dapat memilih dari berbagai pilihan yang tepat dalam bidang ekonomi. Terdapat banyak sumber belajar yang dapat dilakukan dalam belajar dan pembelajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. Sumber belajar adalah semua komponen sistem instruksional baik yang secara khusus dirancang maupun yang sifatnya dapat dipakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini sumber belajar dapat melalui apapun termasuk sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa. Sumber belajar ekonomi merupakan semua komponen yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran ekonomi dan sumber belajar tersebut dapat menggunakan benda-benda yang melekat pada siswa misalnya adalah bolpoin pensil tas atau bahkan tongsis (Tongkat Narsis) yang dimiliki siswa benda-benda tersebut dapat digunakan sebagai bahan dalam pembelajaran ekonomi dikelas. Faktanya dalam belajar dan pembelajaran guru dan siswa belum menggunakan sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMA negeri 1 tumpang pada semua kelas dikelas X IS dalam belajar dan pembelajaran ekonomi masih belum memaksimalkan sumber belajar yang ada guru masih cenderung untuk memberikan contoh ekonomi yang jauh dengan siswa misal pada bab kegiatan pokok ekonomi guru memberikan contoh mengenai batu bara ataupun minyak bumi hal tersebut membuat siswa kurang memahami konsep ekonomi secara baik. Menurut fakta tersebut dapat dipaparkan bahwa mata pelajaran ekonomi merupakan pelajaran yang mengikuti perkembangan jaman (dinamis) jadi diperlukan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada melekat pada siswa. Penggunaan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa perlu adanya strategi pembelajaran yang mencakup segala hal di dalamnya. Strategi pembelajaran tersebut berupa silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) strategi pembelajaran tersebut menggunakan dasar sebagai sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa. Hal dapat digunakan sebagai terobosan baru dalam pembelajaran ekonomi. Strategi yang baik kreatif dan inovatif akan membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. SMA Negeri 1 tumpang merupakan salah satu SMA terbaik di kabupaten malang . Hal ini dapat dilihat dari sisi prestasi akademik maupun non akademik siswa. Namun dalam hal ini dalam sejarah sekolah olimpiade mata pelajaran ekonomi belum pernah mendapat penghargaan apapun baik tingkat kabupaten provinsi mapun nasional. SMA Negeri 1 tumpang adalah SMA yang selalu menggunakan buku paket sebagai acuannya karena sekolah ini kurang menggunakan internet sebagai informasi tambahan oleh karena itu sumber pembelajaran ilmu ekonomi yang diberikan oleh guru kepada siswa hanya sebatas materi pada buku paket tanpa memberikan contoh secara kontektual bahwa banyak terdapat benda-benda ataupun kegiatan siswa setiap hari baik dilingkungan keluarga sekolah maupun masyarakat yang melekat pada siswa memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk skenario pembelajaran ekonomi yang efektif dan inovatif dengan memanfaatkan sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa. Produk dalam penelitian ini berupa skenario pembelajaran yang berupa Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilengkapi oleh LKS dan panduannya untuk guru bidang studi. Analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian ini mengembangkan skenario pembelajaran untuk pembelajaran ekonomi di SMA kelas X yang menggunakan model pengembangan Design Based Research (DBR) dan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi angket dan soal post-test. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dari para ahli mengenai tampilan buku panduan sebesar 79 8% Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 99 4% dan penilaian dari validasi praktisi atau guru ekonomi sebesar 82 2% dan ujicoba perorangan sebesar 93 75% kelompok kecil sebesar 91 25% dan uji kelompok besar sebesar 92 35% . Tanggapan mengenai pembelajaran mendapatkan hasil yang positif dari guru maupun siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) siswa dapat mengenal sumber belajar ekonomi yang melekat pada dirinya 2) siswa memberikan tanggapan yang positif mengenai buku panduan dan pembelajaran dikelas 3) siswa dapat memahami pembelajaran ekonomi lebih mendalam dengan adanya buku panduan tersebut dan dapat menggunakan pembelajaran ekonomi dalam berbagai kegiatan dan dengan berbagai jenis benda yang ada 4) guru dapat terinspirasi dengan adanya buku panduan guru dan dapat dijadikan literatur dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61313

Actions (login required)

View Item View Item