Indayati, Wiwin (2017) Pengembangan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan model project based learning di SMK Negeri 1 Malang / Wiwin Indayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indayati Wiwin. 2016.PengembanganPembelajaranPrakaryadanKewirausahaan Model Project Based Learning di SMK Negeri Malang.Program studiS2 PendidikanEkonomi PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. HariWahyono M.Pd (2) Dr. MitWitjaksono M.S Ed. Kata Kunci prakaryadankewirausahaan project based learning lesehan. Dalamkurikulum 2013 matapelajaranPrakaryadanKewirausahaandalammempunyaikedudukansebagaimatapelajaran yang diharapkandapatmembekalisiswauntukmempunyaikompetensisikap pengetahuandanketerampilankewirausahaan yang dapatditerapkannantisetelah lulus. TolakukurpascapembelajaranPrakaryadanKewirausahaanyaitululusanmelakukanupayakewirausahaan.Kenyataanmenunjukkanhalinimasihbelumtercapaidalamjumlah yang banyakterutamauntuklulusan SMK.Mayoritaslulusan SMK berharapdapatbekerja di perusahaanatauinstansi.Untukmenerapkanpembelajaranprakaryadankewirausahaanseperti yang menjaditujuankurikulum 2013 masihbanyakmenemuihambatandankesulitan. SelamainipembelajaranlebihbanyakbersifatteoritisdanhafalansehinggamembuatsiswabingungdantidaktertarikterhadapmatapelajaranPrakaryadanKewirausahaan.Kesulitan lain yang seringkalidialamiolehguru adalahdalampengembanganskenariopembelajaranseperti yang dikehendakiolehkurikulumyaitupembelajaran yang menginspirasisiswauntukberpikirkreatif. Selamaini RPP (RencanaPelaksanaanPembelajaran)yang dibuatoleh guru merupakan RPP darihasil MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) RPP dibuatdengantidakmelihatkebutuhan latarbelakangdanpotensisiswa di tiap-tiapsekolah. Pembelajaranmodel Project Based Learningdenganformat lesehandikembangkansesuaidengankarakteristikKurikulum 2013 adalahsolusidaripermasalahan yang ada. Tujuanpenelitianiniadalah 1) Mengidentifikasipermasalahan yang selamainidialamioleh guru ketikamengajarkandanmelatihsiswa 2)MengembangkandesainprototipepembelajaranPrakaryadanKewirausahaan model Project Based Learningdenganformat lesehanberdasarkanidentifikasimasalah 3) MelakukanujicobaprototipepembelajaranPrakaryadanKewirausahaan model Project Based Learningdenganformat lesehan 4) MengkomunikasikanhasilujicobapembelajaranPrakarya Dan Kewirausahaan model Project Based Learningdenganformat lesehankepada guru dansiswa. PenelitiandanpengembaganpembelajaranprakaryadankewirausahaaninimenggunakanpendekatanDesign Based Research(DBR). Dari hasilanalisis data ujivalidasiahlidapatdibuktikanbahwatanggapandaripraktisidansiswaujicobamemperolehnilai 80padakriteriasangatbaiktidakrevisi.Hal inimembuktikanbahwatanggapanguru dansiswamenyatakanbahwaprotipelayakdigunakanbaikdarisegiisidanstrukturnya.Hasilujicobaprodukmembuktikan 1) Dari segikepraktisanprototipeefektifdapatdigunakandanditerapkanoleh guru dansiswadalampembelajaranprakaryadankewirausahaanmodel project based learningdenganformat lesehan. 2) Dari segiefektifitas prototipeefektifdapatdigunakan diterapkandanmeningkatkankompetensisikapreligius sikapsosial pengetahuan keterampilan danunjukkerjaprakaryadankewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |