Muhsinin, Ary (2017) Pengembangan pembelajaran kewirausahaan untuk mengoptimalkan potensi dan kapasitas individu siswa di SMK (studi pada siswa kelas XI Patiseri di SMKN 2 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017) / Ary Muhsinin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muhsinin Ary. 2016. Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan Untuk Mengoptimalkan Potensi dan Kapasitas Individu Siswa di SMK. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (II) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kewirausahaan Optimalisasi Potensi Kapasitas Individu Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mendesain dan mengembangkan model pembelajaran kewirausahaan melalaui optimalisasi potensi dan kapasitas individu siswa SMK. Optimalisasi potensi dan kapasitas individu melalui pendekatan Kontekstual Learning untuk materi pembelajaran kewirausahaan dan Project Based Learning untuk aplikasi atau praktek dari materi yang dipelajari. Dengan pendekatan tersebut diharapkan siswa lebih tertarik dalam pembelajaran kewirausahaan dan mampu mencapai tujuan kurikulum pembelajarn kewirausahaan SMK. Penelitian ini menggunakan model pendekatan Design Based Research (DBR) yaitu sebuah penelitian pengembangan untuk memecahkan permasalahan yang ada di lapangan dalam pembelajaran Kewirausahaan melalui desain tertentu. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Trenggalek dengan sasaran penelitian siswa kelas XI Patiseri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara pengamatan dokumentasi dan angket. Data dianalisis secara kualitatif yaitu dengan memaparkan hasil penelitian dan menceritakan tahap demi tahap proses penerapan skenario pembelajaran dan hasilnya sesuai dengan pendekatan Design Based Research (DBR). Selain itu data juga dianalisis secara kuantitaif untuk menggambarkan data yang diperoleh dari angket tentang gaya belajar siswa respon siswa dan guru setelah pelaksanaan uji coba produk. Analisis kuantitatif juga digunakan untuk mendapatkan gambaran mengenai optimalisasi dan kapasitas individu siswa melalui lembar penilaian sebagai indikator munculnya optimalisasi dan kapasitas individu siswa. Dari hasil penelitian dapat diketahui pembelajaran kewirausahaan di sekolah yang menjadi subyek penelitian masih belum bisa mencapai tujuan pembelajaran kewirausahaan itu terlihat dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada peserta didik serta hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kewirausahaan. Setelah mengidentifikasi masalah peneliti merumuskan dan mendesain skenario Optomalisasi Potensi dan Kapasitas Individu Siswa melalui pembelajaran kewirausahaan. Kemudian melakukan tahan-tahapan dalam penelitian yang akhirnya didapatkan bahwa dengan menggunakan skenario ini dapat meningkatkan hasil tujuan pembelajaran kewirausahaan. Hal ini terlihat dari hasil respon peserta didik dan wawancara dari guru mata pelajaran kewirausahaan dan peserta didik. hasil pengembangan penelitian ini berupa produk skenario Optomalisasi Potensi dan Kapasitas Individu Siswa melalui pembelajaran kewirausahaan dan RPP silabus lembar kerja siswa yang telah diuji cobakan dan divalidasi oleh guru pengguna dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |