Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru ekonomi / Naning Eko Noviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru ekonomi / Naning Eko Noviana

Noviana, Naning Eko (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru ekonomi / Naning Eko Noviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviana Naning Eko. 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru Ekonomi. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. Agung Haryono SE M.P. Kata Kunci Profesionalisme guru ekonomi Pendidikan Ekonomi Pendidik profesional memiliki tugas utama dalam mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal pendidikan dasar dan menengah. Pendidik profesional dalam dunia pendidikan diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru baik dari faktor internal yang meliputi minat dan bakat guru sedangkan dari faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana latihan dan kesejahteraan. Maka dari itulah perlu kiranya dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui hal-hal yang meliputi (1) Pengaruh minat guru terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar (2) Pengaruh bakat guru terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar (3) Pengaruh sarana dan prasrana terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar (4) Pengaruh latihan terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar (5) Pengaruh kesejahteraan terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi di Kota Blitar yang berjumlah 65 guru ekonomi. Sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 33 guru ekonomi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa secara deskripsi data variabel profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar rata-rata tinggi sebesar 75 76% variabel minat guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar rata-rata sangat tinggi sebesar 75% variabel bakat guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar rata-rata sangat tinggi yaitu sebesar 69 69% variabel sarana dan prasarana rata-rata tinggi sebesar 87 87% variabel latihan yang dilakukan guru ekonomi SMA/ MA di Kota Blitar rata-rata sangat tinggi sebesar 36 36% variabel kesejahteraan rata-rata sangat tinggi yaitu sebesar 72 72%. Sedangkan berdasarkan statistik dapat disimpulkan bahwa (1) Minat guru berpengaruh terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar (2) Bakat guru berpengaruh terhadap profesionalisme guru SMA/ MA di Kota Blitar (3) Sarana dan prasarana berpengaruh terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/ MA di Kota Blitar (4) Latihan berpengaruh terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar (5) Kesejahteraan berpengaruh terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA di Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61310

Actions (login required)

View Item View Item