Darmawan, Taufik (2017) Pengaruh perilaku, keterlibatan, kondisi institusional dan keberhasilan belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi di bidang non kependidikan / Taufik Darmawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Darmawan Taufik. 2016. PengaruhPerilaku Keterlibatan KondisiInstitusional danKeberhasilanBelajarterhadapKesiapanKerjaMahasiswa Prodi PendidikanAkuntansi Di Bidang Non Pendidikan. Tesis. Program Studi S2 PendidikanEkonomi. Program Pascasarjana. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HariWahyono M.Pd. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci PerilakuMahasiswa KeterlibatanMahasiswa KondisiInstitusional KeberhasilanBelajar KesiapanKerja. Moratorium penerimaan PNS sudahberjalancukup lama. Selamaitu pula LembagaPendidikanTenagaKependidikan (LPTK) terusmenghasilkanlulusansebagaicalon guru. Kondisiinimenyebabkanpenawaran (supply) calon guru jauhlebihbesardibandingkandenganjumlahpermintaannya (demand). Memangfaktanyaadabanyakinstitusipendidikanswasta di Indonesia namunjumlahpermintaan guru padainstitusitersebutmasihjauhlebihkecildarijumlahcalon guru yang dihasilkan LPTK. Beberapatahunterakhirbahkanbanyak LPTK meningkatkankuotapenerimaanmahasiswabaru. Artinya penawarancalon guru jelasakanmenjadisemakinbesar. Ada beberapakemungkinanpilihandarilulusan LPTK calon guru. Pertama lulusansetiamenunggu moratorium penerimaan PNS dibukakembali kedua lulusanmencobaperuntungan di lembaga-lembagapendidikanswasta ketiga lulusansetiadenganpanggilannyadenganrelamenjadi guru honor/tidaktetapmeskipundarisisipenghasilan yang diterimajauhdarikelayakan keempat lulusandengankemampuantambahan yang dimilikimencobaperuntungan di lapanganpekerjaan di luarduniapendidikan. Di antarabeberapakemungkinantersebut kemungkinan yang keempattampakbanyakdipiliholehlulusan LPTK sebagaipenghasillulusancalon guru. Meskipunpilihantersebutmungkintidaksejalandenganvisi misi tujuaninstitusi tetapiitulahfakta yang terjadi. Fenomena di atasmenegaskanbahwalulusanpendidikanakuntansiharusmemilikikesiapanuntukmemasukiduniakerja bukanhanya di bidangpendidikantetapijugabidang non kependidikan. Hal demikianmengingatfaktabahwajumlahpenawaran guru yang jauhlebihbesardibandingkanpermintaannya. Dalamkonteksini pula penyelidikanterhadapfaktor-faktor yang berhubungandengankesiapankerjalulusanmenjadipenting. Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskan (1) pengaruhperilakumahasiswaterhadapkeberhasilanbelajar (2) pengaruhketerlibatanmahasiswaterhadapkeberhasilanbelajar (3) pengaruhkondisiinstitusionalterhadapkeberhasilanbelajar (4) pengaruhperilakumahasiswaterhadapkesiapankerja (5) pengaruhketerlibatanmahasiswaterhadapkesiapankerja (6) pengaruhkondisiinstitusionalterhadapkesiapankerja (7) pengaruhkeberhasilanbelajarterhadapkesiapankerja. Untukmencapaitujuanpenelitian dilakukanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianeksplanatori.Populasipenelitianadalahmahasiswaprodipendidikanekonomibidangkeahlianpendidikanakuntansi UniversitasSanata Dharma Yogyakarta. Sampelpenelitianiniadalah 80 mahasiswadenganteknikpengambilansampelpurposive sampling. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahstudipustaka kuesioner tesdandokumentasi. Metodeanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalah PLS (Partial Least Square). PLS dipilihsebagaialatanalisiskarenajumlahsampelkurangdari 100 adajalur yang teorinyalemahdanterdapatindikatorformatif. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukan diketahuibahwa (1) perilakumahasiswaberpengaruhterhadapkeberhasilanbelajar (2) keterlibatanmahasiswaberpengaruhterhadapkeberhasilanbelajar (3) kondisiinstitusionalberpengaruhterhadapkeberhasilanbelajar (4) perilakumahasiswaberpengaruhterhadapkesiapankerja (5) keterlibatanmahasiswaberpengaruhterhadapkesiapankerja (6) kondisiinstitusionaltidakberpengaruhterhadapkesiapankerja (7) keberhasilanbelajarberpengaruhterhadapkesiapankerja. Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankansebagaiberikut (1) bagi institusisebaiknya lebih sering menyelenggarakan kegiatan kokurikuler agar mahasiswa semakin terlibat aktif dalam kegiatan tersebut karena berdasarkan temuan penelitian kegiatan kokurikuler dapat meningkatkan keberhasilan dan kesiapan kerja mahasiswa dalam memasuku dunia kerja di bidang non kependidikan. Dosen program studi sebaiknya memberikan bekal kepada mahasiswa terkait dunia kerja non kependidikan mengingat tidak semua alumni atau lulusan tidak dapat diserap secara keseluruhan di dunia pendidikan. (2) bagimahasiswadisarankan agar semakin meningkatkan interaksi dengan teman-temannya dalam belajar baik di dalam kampus maupun diluar kampus. Semakin terlibat dalam kegiatan kokurikuler yang diselenggarakan Prodi atau Universitas.Semakin meningkatkan motivasi dalam belajar dan sering berlatih sehingga mereka memiliki bekal yang cukup untuk memasuki dunia kerja di bidang non kependidikan.Semakin banyak terlibat dengan teman-temannya dosen-karyawan maupun lingkungan sekitarnya sehingga mereka memiliki bekal yang cukup untuk memasuki dunia kerja di bidang non kependidikan.Semakin meningkatkan hasil belajarnya dalam menempuh studi. (3) Bagi peneliti selanjutnyayang berminat meneliti masalah kesiapan kerja mahasiswa disarankan menggunakan parameter yang lebih luas dengan cakupan faktor-faktor eksternal lainnya yang mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |