Muhartini, Nanik Sri (2017) Proses pembelajaran ekonomi kreatif (studi kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu) / Nanik Sri Muhartini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muhartini Nanik Sri. 2016. Proses Pembelajaran Ekonomi Kreatif (Studi Kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu). Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Keywords pembelajaran kreativitas ekonomi kreatif SMA. Siswa memiliki potensi dan kreativitas yang sangat perlu untuk dikembangkan. Salah satu cara untuk mengembangkannya melalui pembelajaran ekonomi kreatif di Sekolah Menengah Atas (SMA). Kenyataannya masih ada sekolah yang kurang mengembangkan kreativitas siswa terutama dalam kegiatan pengembangan diri. Tujuan penelitian ini antara lain 1) mendeskripsikan pemahaman guru atau pembina terhadap pembelajaran ekonomi kreatif 2) mendeskripsikan implementasi pembelajaran ekonomi kreatif dan 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ekonomi kreatif di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Karena fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tentang proses pembelajaran ekonomi kreatif di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Teknik observasi wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti sebagai instrumen kunci. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. 1) Guru atau pembina sudah memahami pembelajaran ekonomi kreatif dan mengimplementasikannya dengan cara berperan serta secara langsung dalam membimbing siswa memberi dukungan motivasi fasilitas dan membantu terciptanya ide kreatif menjadi sebuah karya. 2) Implementasi pembelajaran ekonomi kreatif ditinjau dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran ekonomi kreatif dilaksanakan melalui kegiatan SPI Got Talent untuk menggali bakat minat dan potensi siswa. Pelaksanaannya sesudah pendidikan akademis sebagai program pengembangan diri siswa. Pembina terdiri dari guru alumni dan praktisi. Keterlibatan guru atau pembina yaitu berperan secara langsung dalam memberi motivasi bimbingan dan fasilitas. Keterlibatan siswa dalam belajar dengan praktik secara langsung dan belajar berdasar pengalaman sampai menghasilkan karya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode experiential learning. Pembelajaran ini dilakukan dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata. Evaluasi dilaksanakan dengan metode penilaian PAKSA (Pray Attitude Knowledge Skill dan Action) untuk meningkatkan life skill siswa. 3) Faktor pendukung dalam penelitian ini diidentifikasi dari 5 (lima) aspek yaitu (1) yayasan (2) sekolah (3) guru (4) siswa dan (5) lingkungan sekolah. Faktor penghambat ada pada siswa itu sendiri dan masalah teknis. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) pihak sekolah dan yayasan agar tetap menjalin kerjasama yang harmonis dengan praktisi atau mentor 2) adanya materi tentang pembelajaran ekonomi kreatif 3) siswa diberi sertifikat dan atau surat rekomendasi pengalaman aktif di sektor ekonomi kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |