Alasan pemilihan kompetensi keahlian pemasaran pada siswa SMK Negeri Kabupaten Blitar / Yeni Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Alasan pemilihan kompetensi keahlian pemasaran pada siswa SMK Negeri Kabupaten Blitar / Yeni Susilowati

Susilowati, Yeni (2017) Alasan pemilihan kompetensi keahlian pemasaran pada siswa SMK Negeri Kabupaten Blitar / Yeni Susilowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilowati Yeni. 2016. Alasan Pemilihan Kompetensi Keahlian Pemasaran pada Siswa SMK Negeri Kabupaten Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak. (II) Dr. Dwi Wulandari S.E M.M. Kata Kunci Persepsi Siswa Pemilihan Kompetensi Latar Belakang Pemilihan Kompetensi dan Kompetensi Keahlian Pemasaran. Kompetensi keahlian pemasaran masih relevan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan yang ada di dunia usaha. Banyak perusahaan yang masih membutuhkan karyawan lulusan SMK khususnya kompetensi keahlian pemasaran.Banyaknya peluang kerja di bidang pemasaran belum dapat meningkatkan peminat kompetensi keahlian pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang kompetensi keahlian pemasaran faktor yang melatarbelakangi pemilihan kompetensi keahlian pemasaran dan alasan pemilihan kompetensi keahlian pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis fenomenologi dengan paradigma interpretatif. Proses pemilihan sumber data dilakukan secara bergulir sesuai kebutuhan hingga mencapai kejenuhan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observation in-dept interview dan method of documents.Validitas data melalui perpanjangan waktu triagulasi teknik member check dan expert opinion.Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif yang mengikuti konsep Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian persepsi siswa tentang kompetensi keahlian pemasaran di SMK Negeri Kabupaten Blitar adalah memasarkan produk ada pembelajaran akuntansinya mempromosikan produk berjualan melayani konsumen dapat membuka usaha sendiri cara berbicara yang baik dengan pelanggan peluang kerjanya banyak mudah dipahami pelajarannya sedikit tidak cuma berjualan dan ada administrasi perkantoran serta menanggapi keluhan pelanggan.Faktor yang melatarbelakangi pemilihan kompetensi keahlian pemasaran di SMK Negeri Kabupaten Blitar adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang melatarbelakangi siswa SMK Negeri kabupaten Blitar dalam memilih kompetensi keahlian pemasaran adalah cita-cita minat motivasi dan nilai. Sedangkan faktor eksternal yang melatarbelakangi siswa dalam memilih kompetensi keahlian pemasaran adalah orang tua saudara teman tetangga guru dan jarak dekat dari rumah. Alasan pemilihan kompetensi keahlian pemasaran di SMK Negeri kabupaten Blitar karena banyak peluang kerjanya nurut orang tua dan saudara ingin menjadi wirausaha banyak tetangga dan teman yang masuk pemasaran tidak diterima di sekolah yang lain tertarik pada tetangga dulu jurusan pemasaran sekarang kerjanya enak sudah menjadi minat prinsip dan keinginan.Alasan informan mengatakan peminat kompetensi keahlian pemasaran sedikit adalah karena gengsi malu diejek mereka beranggapan pemasaran hanya berjualan saja pandangan masyarakat buruk siswanya banyak yang perempuan mereka lebih suka ke TKJ dan TKJ bisa mengolah aplikasi HP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61304

Actions (login required)

View Item View Item