Pengembangan modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa semester I kelas X SMA DDI Masalembu / Moh. Ilham - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa semester I kelas X SMA DDI Masalembu / Moh. Ilham

Ilham, Moh. (2017) Pengembangan modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa semester I kelas X SMA DDI Masalembu / Moh. Ilham. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilham Moh. 2016. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Semester I Kelas X Di SMA DDI Masalembu. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak . dan (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci modul mata pelajaran ekonomi materi kontekstual proses pembelajaran dan hasil belajar. Modul memiliki peranan penting dalam miningkatkan proses pembelajaran ekonomi karena hakikat belajar modul berorientasi kepada siswa dan orientasi ini akanmengoptimalkannya belajar dikelas serta materi dan tugas konteks yang dimuat dalam modul akan memberikan motivasi belajar kepada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untukmenghasilkan perangkat pembelajaran modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan (2) untuk menguji keefektifannya dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan Borg Gall (1983)dengantahapanmencakuppada research and information collecting planning develop preliminary form of product field testing danfinal product revision. Subjek cobanya meliputi ahli desain dan materi validator uji soal pretest-posttest dan observer sertasiswa dan guru.Untuk menguji keefektifan perangkat pembelajaran modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual menggunakan desain quasi eksperiment(Non-EquivalentControl Group Design).Jenis sampel yang digunakanberupa sampling jenuh dan jenis data yang diperoleh yaitu nilai proses dan hasil belajar siswa. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket lembar observasi wawancara soal uji pretest posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanyaitu uji normalitas dan homogenitas sementara uji t untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitiandan pengembangan menunjukkan bahwa (1) ahli desain dan materi menilai kevalidan perangkat pembelajaran modul sebesar 71% dan 93% dengan kriteria cukup dan sangat valid (2) terdapat perbedaan proses belajar kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 74.74% dan 42.84% dan (3) terdapat perbedaan signifikan proses dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 8804 945 0.05. Keefektifan pembelajaran menggunakan modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual karena memiliki (a) input modul mapel ekonomi kontekstual panduan modul dan instrumen penilaian (b) proses strategi pembelajaran dan (c) output penilaian pengetahuan penilaian keterampilan dan penilaian sikap siswa. Sedangkan keefektifan hasil belajarnya karena (a) menggunakan instrumen dan (b) menghasilkan laporan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61303

Actions (login required)

View Item View Item