Pengembangan economics pocket book berbasis quantum learning untuk siswa sekolah menengah atas / Ni Wayan Ayu Santi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan economics pocket book berbasis quantum learning untuk siswa sekolah menengah atas / Ni Wayan Ayu Santi

Santi, Ni Wayan Ayu (2016) Pengembangan economics pocket book berbasis quantum learning untuk siswa sekolah menengah atas / Ni Wayan Ayu Santi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santi Ni Wayan Ayu. 2016. Pengembangan Economics Pocket Book Berbasis Quantum Learning Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. (2) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci Economics Pocket Book Quantum Learning. Pengembangan economics pocket book berbasis quantum learning menawarkan konsep dasar menciptakan sebuah buku saku ekonomi menuju revolusi mental yang membangun kesadaran menciptakan keteladanan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan economics pocket book berbasis quantum learning dan (2) untuk mengetahui kualitas economics pocket book berbasis quantum learning. Adapun kerangka rancangan dari economics pocket book yakni memberikan pemaparan materi ekonomi ke dalam sebuah bahan cetak dengan cara (1) menumbuhkan (2) mengalami (3) menamai (4) mendemonstrasikan (5) mengulangi dan (6) merayakan. Peneliti dalam mengembangkan economics pocket book menggunakan model pengembangan Design Based Research (DBR) yang mempunyai ciri khusus yakni sebuah model penelitian pengembangan produk berdasarkan kebutuhan peserta didik selain itu juga melibatkan dan berkolaborasi dengan pengguna hasil pengembangan (praktisi). Subjek uji coba pengembangan terdiri dari para ahli dan siswa kelas XIIIlmu Sosial (IS) SMA N 5 Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ahli materi pendidikan dan praktisi pendidikan memberikan penilaian bahwa economics pocket book sangat layak digunakan tanpa revisi selain itu ahli desain memberikan penilaian bahwa layak digunakan dengan revisi. Hasil dari uji lapangan I menunjukkan tanggapan positif dari siswa dengan perolehan persentase 90% selain itu hasil uji lapangan II juga memperoleh persentase sebesar 87 4%. Berdasarkan hasil tersebut secara umum menunjukkan bahwaeconomics pocket book berbasis quantumlearning termasuk kualifikasi sangat layak digunakan tanpa revisi. Hal ini berarti pengembangan economics pocket book berbasis quantumlearningmemuat variasi penyajian konsep materi yang merupakan salah satu bagian yang penting untuk menarik perhatian siswa. Adapun saran dari pengembangan economics pocket book berbasis quantum learning yakni dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran ekonomi di jenjang pendidikan SMA dengan memahami dengan cermat teori dan konsep materi terlebih dahulu sehingga dalam kegiatan pembelajaran bisa membuat sesuatu yang menantang serta menarik perhatian siswa. Selain itu dapat juga dilakukan pengembangan produk berupa buku cerita ekonomi bergambar yang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa dengan menggunakan kerangka rancangan quantum learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61302

Actions (login required)

View Item View Item