Studi deskriptif evaluatif pengelolaan arsip di Kantor Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Sarbini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi deskriptif evaluatif pengelolaan arsip di Kantor Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Sarbini

Sarbini (2016) Studi deskriptif evaluatif pengelolaan arsip di Kantor Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Sarbini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarbini 2015. Studi Deskriptif Evaluatif Pengelolaan Arsip di Kantor Tatausaha Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo. Kata Kunci Kode arsip Buku pengendali arsip Sistem penyimpanan arsip Efektifitas pengelolaan arsip di suatu organisasi/lembaga sangat ditentukan oleh sistem penyimpanan arsip yang diterapakan. Sistem penyimpanan Arsip yang efektif harus didukung oleh unsur-unsur 1) penerapan kode arsip yang tepat 2) buku pengendalian arsip 3) tataruang yang memadai dan 4) peralatan yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang efektif tidaknya pengelolaan arsip di Kantor Tatausaha Fakultas Ekonomi UM. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif-kualitatif dengan menggunakan rancangan deskriptif-eveluatip. Sehingga peneliti dapat memberikan penilaian terhadap obyek yang diteliti dan membandingkan dengan kriteria dan standar yang baku. Dengan menggunakan trianggulasi data.Hasil perbandingan itulah yang menjadi dasar penilaian sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara garis besar ditemukan masalah (the main or essential problem) inti/utama yaitu belum diterapkannya kode arsip (record code) dalam pengelolaan arsip. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan/observasi baik sebelum dan selama penelitian menunjukkan bahwa arsiparis tidak bisa menunjukkan tempat terakhir arsip itu berada. Sehingga tidak bisa menemukan arsip yang telah disimpannya. Oleh karena itu sebagai kesimpulan dapat dirangkum bahwa arsiparis tidak bisa menemukan arsip yang telah disimpannya dikarenakan tidak diterapkannya sistem penyimpanan arsip dengan kode arsip. Sebagai saran perlu dicoba untuk memperbaiki sistem penyimpanan arsip dengan cara menerapkan sistem penyimpanan yang sesuai kriteria yang baku yaitu dengan kode arsip yang dilengkapi buku pengendali arsip.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61300

Actions (login required)

View Item View Item