Pengaruh status sosial ekonomi, minat pada pelajaran ekonomi, dan literasi ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se Kabupaten Blitar / Dian Eka Prasastianta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi, minat pada pelajaran ekonomi, dan literasi ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se Kabupaten Blitar / Dian Eka Prasastianta

Prasastianta, Dian Eka (2016) Pengaruh status sosial ekonomi, minat pada pelajaran ekonomi, dan literasi ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se Kabupaten Blitar / Dian Eka Prasastianta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasastianta Dian Eka. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Minat pada Pelajaran Ekonomi dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Ekonomi Siswa MAN se-Kabupaten Blitar . Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono. S.E. M.P.Ak (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Perilaku Ekonomi Siswa MAN Literasi Ekonomi Minat Pada Pelajaran Ekonomi Status Sosial Ekonomi Orang Tua Perilaku ekonomi siswa dalam hal rasioanalitas ekonomi sebagai tindakan yang mencerminkan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi pada dasarnya telah dikenal oleh siswa sejak mereka berada di lingkungan keluarga maupun masyarakat tempat dimana dia tinggal. Pemahaman berikutnya melalui pendidikan di sekolah formal mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa merupakan pelaku ekonomi dalam hal ini bertindak sebagai konsumen. Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi selalu bersikap rasional karena manusia adalah homoeconomicus. Rasionalitas konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pengetahuan dasar ekonomi dan status sosial ekonomi seseorang minat pada pelajaran ekonomi. Meskipun demikian perilaku yang dilihat dari rasionalitas ekonomi siswa masih kurang nampak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap terhadap literasi ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (2) pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (3) pengaruh minat siswa pada pelajaran ekonomi terhadap literasi ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (4) pengaruh minat siswa pada pelajaran ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (5) pengaruh literasi ekonomi siswa terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (6) pengaruh tidak langsung status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi dan (7) pengaruh tidak langsung minat siswa pada pelajaran ekonomi terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen dan variabel dependen. penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual karena semua variabel diukur dari subjek penelitian sebagai individu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu (data are gathered just once). Dilihat dari hubungan antar variabel ada empat variabel yang diposisikan sebagai variabel eksogen dan dua variabel yang diposisikan sebagai variabel endogen. Sampel berjumlah 150 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status sosial ekonomi minat pada pelajaran ekonomi dan perilaku ekonomi siswa. Sementara teknik tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang literasi ekonomi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan berdasar SEM (Structural Equation Modeling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows. Hasil-hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut (1) status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap terhadap literasi ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (2) status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (3) minat siswa pada pelajaran ekonomi berpengaruh terhadap literasi ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (4) minat siswa pada pelajaran ekonomi berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (5) pengaruh literasi ekonomi siswa berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar (6) status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi) dan (7) minat siswa pada pelajaran ekonomi berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi. Saran dan rekomendasi bagi guru sebagai bahan masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga pembelajaran ekonomi di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun moral dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaranyang dapat menarik minat siswa dalam menumbuhkan serta mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penguasaan materi maupun ketrampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61297

Actions (login required)

View Item View Item