Pengembangan komik pembelajaran ekonomi untuk menarik minat baca dan meningkatkan hasil belajar ekonomi / Eka Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik pembelajaran ekonomi untuk menarik minat baca dan meningkatkan hasil belajar ekonomi / Eka Agustina

Agustina, Eka (2016) Pengembangan komik pembelajaran ekonomi untuk menarik minat baca dan meningkatkan hasil belajar ekonomi / Eka Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Eka. 2015. PengembanganKomikPembelajaranEkonomiuntukMenarikMinat Baca danMeningkatkanHasilBelajarEkonomi.Tesis Program StudiPendidikanEkonomi Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Hj Sri UmiMintartiWidjaja S.E M.P Ak 2) Dr. HariWahyono M.Pd Kata Kunci Pengembangan KomikPembelajaranEkonomi Minat Baca HasilBelajar Bukudinilaisebagaisumberbelajar yang konvensional dansangatpraktis ekonomisdanefisiendalampenggunanyauntukbelajar.Jenisbukuyangsangatberagam darimualaibukufiksidan non fiksi. Padasemuajenjangpendidikan kegiatanmembacamenjadiskalaprioritas yang harusdilalukansetiappelajar .Membacajugamerupakanaktifitasbelajarsecaramandiri yang dilakukanseseorangdalamrangkamencariinformasi sehinggaketikaseseoranginginmelakukankegiatanbelajardapatdipastikandiaharusmelalui proses membaca.Dengankurangnyaminatbacaekonomipadakalangansiswa di SMA Negeri1Sutojayan penelitimencobamemberikanbukupembelajaranekonomidengannuansakomik yang diharapkandapatmenarikminatbacadansekaligusmeningkatkanhasilbelajar. Model Pengembangandalampenelitianiniadalah model R2D2(Reflective Recursive Design and Development) yang telah di modifikasisesuaikebutuhanpenngembangan. Sedangkandalammengujiefektifitasperbedaanhasilbelajarkelas yang menggunakankomikonomimenggunakanmetodepenelitian Quasi Eksperimentdengan model Nonequivalent Pretes-Posttest Control Group Design. Dalamujiefektifitaskelas yang menggunakankomikonmi di badandingkandengankelass yang menggunakan power point. Penelitianpengembanganpembelajaraninidiujicobakanpadasiswakelas X SMA Negeri1SutojayanKabupatenBlitar. Dari hasilpenelitianinidiperolehhasilbahwa18siswadari 25 siswasangatberminatuntukmembacapelajaranekonomisetelahmenggunakankomikonomi dan 7 siswacukupberminatuntukmembacakomikonomi.HasilBelajarsiswasetelahpembelajaranmateripadakelaskomikonomimemilikihasilyanglebihungguldi bandingkandengankelas yang bermediakandengan power point. Hasilinidiketahuiberdasarkanhasilperbandingandarinilaipretesdanposttesdarikeduakelastersebutdanangket yang diberikanpada siswa. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankan (1)Bagipengembang laindilakukanpengembanganbukupelajaranekonomi yang berbentukkomikdimanakomikinimemudahkansiswauntukbelajarekonomi terlebihpadasiswadengan model gayabelajar visual. (2) Bagipengajar (guru) diharapkanmampumembuat media yang sesuaidengankaraktersiswakarenaefektifitas media akanmempengaruhihasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61289

Actions (login required)

View Item View Item