Drifanda, Valdyan (2016) Analisis perilaku ekonomi kreatif siswa Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga / Valdyan Drifanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Drifanda Valdyan. 2015. Analisis Perilaku Ekonomi Kreatif Siswa Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga.Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak 2) Dr. Sri Umi Mintarti S.E. M.P. Ak Kata Kunci perilaku ekonomi kreatif siswa motivasi internalisasi. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Dengan adanya pendidikan yang memadai maka kualitas sumber daya manusia di Indonesia akan berkembang dan mampu bersaing di kancah internasional. Hal ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan nasional dalam UU no20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Sekolah alternatif Qaryah Thayyibah adalah salah satu sekolah yang tidak mengikuti kurikulum nasional dari kemendikbud. Kurikulum sekolah Qaryah Thayyibah adalah bebas berkarya bebas dalam arti pembelajaran bebas sesuai dengan kebutuhan siswa dan diwajibkan berkarya/menghasilkan karya. Penelitianinitermasukpenelitiankualitatif dengan pendekatan Fenomenologi.Analisisdalampenelitianini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan sehingga sampai tuntas dan datanya sampai jenuh.Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa sekolah alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga.Prosedur pengumpulan datadalampenelitianiniadalahdengan observasi dan wawancara. Dari hasilanalisis data diketahuibahwa (1) motivasi yang melatar belakangi terbentuknya perilaku ekonomi kreatif siswa-siswi sekolah alternatif Qaryah Thayiibah adalah untuk mengembangkan minat ingin menyampaikan pendapatnya ingin berkarya/menghasilkan karya dan pengaruh latar belakang pekerjaan orang tua (2) internalisasi perilaku ekonomi kreatif siswa besar dipengaruhi oleh jalur pendidikan formal.Sekolah Qaryah Thayyibah mempunyai sistem pembelajaran tidak menggunakan guru. Hal ini karena pihak sekolah menginginkan pembelajaran yang membebaskan siswanya dalam artian siswa belajar sesuai dengan kebutuhannya.Sekolah alternatif Qaryah Thayyibah juga mewajibkan siswanya untuk berkarya/menghasilkan karya. para siswa juga dididik untuk membuat target untuk menunjang pembuatan karya dan mengevaluasinya sendiri target yang telah dibuat. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankan (1) BagiMahasiswaFakultasEkonomi UM untuklebihmemamahibagaimanaterbentuknyaperilakuekonomikreatif. Dandiharapkansebagaibahaninformasidanmasukanuntukmengembangkanwawasanpengetahuan yang berimplikasiterhadapbidangekonomi. (2) bagi pengembang ilmu Diharapkanhasilpenelitianinidapatmemberikansumbanganpengembanganbidangkeilmuandanpenjelasanteori khususnyatentangperilakuekonomikreatif.Selainitudiharapkandapatmemberikansumbanganbagipengembangankajianpendidikankhususnyapendidikanekonomi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61288 |
Actions (login required)
View Item |