Windrayadi, Yosia Dian Purnama (2016) Proses kreatif guru dalam pembelajaran ekonomi / Yosia Dian Purnama WindrayadiW. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dian P.W Yosia . Proses Kreatif Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi Tesis S2 Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Dr Agung Haryono S.E M.P Ak Pembimbing 2 Dr. Mit Witjaksono MS.Ed Kata Kunci Proses Kreatif Gagasan Kreatif Pembelajaran Ekonomi Proses kreatif guru yang akan penulis dalami pada penelitian ini sangat penting untuk pengembangan pendidikan ekonomi khususnya dimana proses berfikir guru secara kreatif menentukan bagaimana guru tersebut ketika menyampaikan materi di dalam kelas disini penulis ingin mendalami bagaimana pola berfikir guru baik dalam membentuk sebuah gagagsan kreatif nya maupun dalam produk hasil gagasan kreatifnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded research. Penelitian kualitatif digunakan untuk menggali pengalaman hidup manusia dengan menekankan nilai-nilai subyektif yang disampaikan oleh informan dari fenomena yang ada dan ditampilkan dalam bentuk narasi. Disini peneliti berusaha menggali secara mendalam pengalaman menjadi guru dan pemikirannya dalam membentuk sebuah imajinasi kreatif yang dimiliki dan bagaimana cara berfikir kreatifnya dalam membentuk sebuah pembelajaran yang kreatif untuk siswa. Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat dikatakan bahwa guru sebelum menyusun perangkat pembelajaran terlebih dahulu guru berfikir tentang esensi materi yang akan disampaikan di kelas dan juga termasuk makna dari satu materi tersebut ini merupakan satu tahapan yang sangat penting yang harus dilakukan guru karena dengan mengetahui esensi materi guru memperkuat pondasi tentang materi tersebut dan ini akan berimplikasi pada tujuan pembelajaran natinya yang tidak akan menyimpang dari esensi materi tersebut. Pada saat sebelum menuangkan dalam bentuk gagasan kreatif terlebih dahulu berfikir tentang potensi yang siswa miliki karena guru tersebut menganggap tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang sama maka dari itu pada saat setelah membentuk satu imajinasi maka guru tersebut menganalisis potensi masing-masing yang ada pada diri siswa terutama pada potensi daya tangkap siswa terhadap satu materi ini menunjukkan bahwa guru tersebut tidak egois dalam membentuk imajinasi jadi pola imajinasi guru menyesuaikan siswa yang akan diajar nantinya di dalam kelas. Guru juga menuangkan gagasan pemikiran kreatifnya ke dalam pola tertentu yang mengenai hal apa saja yang harus disampaikan pertama kali dan juga hal apa saja yang harus di titik beratkan sari satu materi tersebut dan setelah itu guru membuat satu media yang dianggap cocok dengan materi tersebut. Guru sebelum menyusun perangkat pembelajaran sebaiknya dan seharusnya berfikir tentang esensi materi yang akan disampaikan di kelas dan juga termasuk makna dari satu materi tersebut ini merupakan satu tahapan yang sangat penting yang harus dilakukan guru karena dengan mengetahui esensi materi guru memperkuat pondasi tentang materi tersebut dan ini akan berimplikasi pada tujuan pembelajaran dan juga sebaiknya berfikir tentang potensi yang siswa miliki karena guru tersebut menganggap tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang sama maka dari itu pada saat setelah membentuk satu imajinasi tentang materi yang akan disampaikan guru tersebut menganalisis potensi masing-masing yang ada pada diri siswa terutama pada potensi daya tangkap siswa terhadap satu materi ini menunjukkan bahwa guru tersebut tidak egois dalam membentuk imajinasi. Guru sebaiknya melakukan proses adaptif yang cepat apabila di dalam kelas situasi dari siswa itu sendiri kurang fokus dalam menangkap materi jadi guru yang kreatif harus mencari cara dengan cepat agar bisa mengembalikan konsentrasi dan fokus siswa pada materi yang sedang disampaikan. Hal ini akan berimplikasi terhadap motivasi siswa sendiri yang nantinya diharapkan juga mempunyai pemikiran yang sama dalam memandang sebuah masalah atau materi yang sulit untuk dipecahkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61287 |
Actions (login required)
View Item |