Sari, Vina Budiarti Mustika (2016) Pengembangan pembelajaran untuk menanamkan cinta produk dalam negeri / Vina Budiarti Mustika Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Vina Budiarti Mustika.2015. Pengembangan Pembelajaran untuk Menanamkan Cinta Produk dalam Negeri.Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed 2) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci cinta produk dalam negeri pembelajaran ekonomi Sekolah memiliki peranan penting untuk mengajarkan ilmu dan menanamkan nilai pada siswa yang berlandaskan 18 butir pendidikan karakter.Salah satu pendidikan karakter yang seharusnya ditanamkan adalah cinta tanah air. Cinta tanah air dapat ditunjukkan dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan cinta produk dalam negeri. Kondisi yang terjadi di lapangan belum ada pembelajaran cinta produk dalam negeri di sekolah.Apabila dikaji lebih dalam pembelajaran cinta produk dalam negeri sangat penting dilaksanakan karena memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemandirian bangsa.Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan penulis untuk menanamkan cinta produk dalam negeri adalah dengan mengembangkan pembelajaran cinta produk dalam negeri yang ditunjang dengan Lembar Kerja Siswa dan RPP. Pengembangan pembelajaran cinta produk dalam negeri yang ditunjang dengan Lembar Kerja Siswa dan RPP ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) dengan melewati enam fase yaitu melakukan identifikasi masalah merumuskan produk berupa perangkat pembelajaran ekonomi dengan tema cinta produk dalam negeri desain dan pengembangan perangkat pembelajaran uji coba pengembangan perangkat pembelajaran dan menanamkannya evaluasi kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran dan komunikasi hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran. . Penelitian pengembangan pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Malang.Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengetahuan siswa bertambah dibandingkan pada saat observasi awal.Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan penggunaan produk dalam negeri yang dikonsumsi siswa meningkat.Hal ini diketahui berdasarkan pekerjaan siswa dalam menyeleseikan tugas. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Perlu dilakukan pengembangan paket pembelajaran yang terdiri dari buku ajar panduan siswa dan panduan guru yang dilengkapi dengan langkah-langkah atau strategi pembelajaran beserta rubrik penilaiannya. (2) Perlu dilakukan model serta strategi lain dalam pembelajaran untuk menanamkan cinta produk dalam negeri. (3) Hasil pengembangan diharapkan mampu dijadikan pertimbangan untuk menyajikan materi cinta produk dalam negeri di dalam kurikulum
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |