Pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 / Ratri Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 / Ratri Kusuma Wardhani

Wardhani, Ratri Kusuma (2016) Pengembangan pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 / Ratri Kusuma Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani RatriKusuma. 2015. PengembanganPembelajaranEkonomiBernuansaPasal 33 Ayat 1 UUD 1945. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri UmiMintartiWidjaja S.E. M.P. Ak. (2) Dr. MitWitjaksono MS.Ed. Kata kunci Ekonomi Pembelajaran Pasal 33 ayat 1 Ekonomimerupakanpembelajaran yang mengajarkantentangkehidupansehari-hari yang ada dilingkungansekitarkita.Pembelajaranekonomi yang terjadisaatinilebihbanyakmengajarkantentangnilai-nilailiberalisatauindividualis yang berasaldariluar inimengakibatkankurangnyanilaikebersamaandankerjasamadalamdirisiswaolehsebabitupembelajaranbernuansapasal 33 ayat 1 dibutuhkanuntukmenumbuhkankembalisemangatkebersamaandankekeluargaanpadasiswa.. Untuk menciptakan situasi belajar yang diharapkan desain pembelajaran dirancang dengan pendekatan kooperatif dalam proses pembelajaran ekonomi pada setiap siswa. Pembelajaran ini dilaksanakan sebagai peristiwa usaha bersama siswa dalam bentuk kegiatan diskusi terbuka untuk mendapatkan informasi seluas-luasnya dalam menciptakan solusi berpikir upaya pemecahan masalah.Adapun asumsi dikembangkannya pembelajaran ekonomi bernuansapasal 33 ayat 1 didasarkan dari pengkajian lanjutan yang didapatkan dari hasil analisis kebutuhan. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmengubah cara berpikir sikap serta keterampilan berpikir kritis siswa yang berlandaskan pasal 33 ayat 1 serta menghasilkan perangkat pembelajaran ekonomi. Penelitianinimenggunakan model pengembangandesign based research (DBR) denganenamfasepengembanganyaitu (1) Identifikasimasalah (2) Merumuskanprodukpengembangan yang berkolaborasidenganpraktisi (3) Desaindanpengembanganpembelajaran (4) Ujicobaprototipepembelajaranekonomibernuansapasal 33 ayat 1 (5) Mengevaluasikelayakanprototipepembelajaranekonomi (6) Penyempurnaanprototipepembelajaranekonomibernuansapasal 33 ayat 1 danmengkomunikasikannya. Hasilakhirdaripengembanganekonomibernuansapasal 33 ayat 1 UUD 1945 adalahskenario pembelajaran dan lembar Kerja untuk Siswa.Budayakekeluargaan yang terciptadalampembelajaranekonomi yang dapatdilihatdaricarasiswamengerjakantugaskelompok menyelesaikanmasalahsecaramusyawarahuntukmencapaimufakatmerupakanhasildariperubahansikapsiswa yang merupakanhasildaripembelajaranekonomi yang bernuansapasal 33 ayat 1 UUD 1945.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61284

Actions (login required)

View Item View Item