Dewantari, Aditya (2015) Pengembngan perangkat pembelajaran ekonomi dengan model flipped classroom untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa / Aditya Dewantari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewantari Aditya. 2015. PengembanganPerangkatPembelajaranEkonomidengan Model Flipped Classroom untukMeningkatkanKeaktifanBelajarSiswa.Tesis Program StudiPendidikanEkonomi JurusanEkonomi Pembangunan FakulrasPascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HariWahyono M.Pd. (II) Dr. MitWitjaksono Ms.Ed. Kata Kunci flipped classroom pembelajaran ekonomi keaktifan Peran guru dalam prosespembelajaranadalahmembimbingsiswapadakondisibelajaruntukmengkonstrukpengetahuanbaruberdasarkanpengetahuanbelajarawal yang dimilikisiswadankegiatanpembelajaranhendakberpusatpadasiswa. Guruhendaknyamampuuntukmenyajikandanmerancangpembelajaran yangmenarik dengankegiatan yang berpusatpadasiswasehinggasiswaaktifdalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapatdigunakan guru untukmencapaihaltersebut salahsatunyadenganpembelajaranFlipped Classroom.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) Menghasilkansebuahrancanganpembelajaranekonomi yang dikembangkandenganmenggunakan model Flipped Classroomuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa (2) mengetahuikeefektifandaripenggunaanperangkatpembelajarandenganmenggunakan model Flipped Classroom padamatapelajaranekonomi. Pengembanganperangkat pembelajaranekonomiinimenggunakanpendekatandesign based research (DBR) denganmelewatienamfaseyaitu melakukanidentifikasimasalah merumuskanprodukberupaperangkatpembelajaranekonomidengan model flipped classroom desaindanpengembanganperangkatpembelajaran ujicobapengembanganperangkatpembelajaran evaluasikelayakanpengembanganperangkatpembelajaran dankomunikasihasilujicobapengembanganperangkatpembelajaran. Penelitiandanpengembanganperangkatpembelajaraninidiujicobakanpadasiswakelas XI kelompokpeminatanekonomi di SMA Negeri 5 Malang.Dari hasilpenelitianini diperoleh hasilbahwakeaktifanbelajarsiswameningkatcukuptinggidibandingkandengansaatobservasiawal.Setelahpenerapanperangkatpembelajarandenganmenggunakan model flipped classroompersentasekeaktifansiswa yang masukdalamkategorisangatbaikyaitusebesar 87 09%. Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Buku Kegiatan Guru Lembar Kerja Siswa dan Video Pembelajaran. Dan dari hasil uji coba lapanganmenunjukkanbahwakegiatanpembelajaran yang dikembangkandengan model Flipped Classroomdapatmenigkatkankeaktifanbelajarsiswa karenadalampembelajaraninidisusunberbagaikegiatan yang langsungmelibatkansiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61282 |
Actions (login required)
View Item |