Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 5 JOmbok Kabupaten Trenggalek / Tsamrotun Niswah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 5 JOmbok Kabupaten Trenggalek / Tsamrotun Niswah

Niswah, Tsamrotun (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 5 JOmbok Kabupaten Trenggalek / Tsamrotun Niswah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Niswah Tsamrotun. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Jombok Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono. M.Pd (2) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pembelajaran kooperatif think talk write menulis deskripsi Observasi awal dikelas IV SDN 5 Jombok Kabupaten Trenggalek pada pembelajaran menulis deskripsi ditemukan beberapa permasalahan siswa kurang menguasai penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar rendahnya kemampuan berfikir siswa untuk menuangkan ide/gagasan pesan atau informasi dalam bentuk tulisan. Hasil menulis siswa pada pratindakan belum mencapai ketuntasan yang ditentukan secara klasikal yaitu 65%. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe think talk writedalam upaya meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 5 Jombok Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus dua pertemun dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi/pengamatan dan (4) refleksi. Data yang diperoleh dari aktifitas guru dan siswa sedangkan instrumennya lembar observasi dan lembar tes menulis deskripsi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe think talk writedapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Jombok Kabupaten Trenggalek. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata menulis deskripsi pada pratindakan adalah 63 dengan presentase 33% presentase tersebut termasuk kriteria nilai sangat kurang. Pelaksanaan pembelajaran siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71 dengan presentase 62%. Presentase tersebut termasuk kriteria kurang. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sudah meningkat dibandingkan siklus I yaitu 87 dengan presentase 95% presentase tersebut termasuk kriteria baik. Keterampilan menulis deskripsi kelas IV mengalami peningkatan tiap siklus. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 5 Jombok Kabupaten Trenggalek.Untuk itu diharapkan guru menggunakan model think talk write dalam pembelajaran menulis deskripsi sehingga siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil keterampilan menulis deskripsi yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item View Item