Pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi kontekstual bernuansa asa kekeluargaan / Andi Annisa Sulolipu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi kontekstual bernuansa asa kekeluargaan / Andi Annisa Sulolipu

Sulolipu, Andi Annisa (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi kontekstual bernuansa asa kekeluargaan / Andi Annisa Sulolipu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulolipu AndiAnnisa. 2015. PengembanganPerangkatPembelajaranEkonomiKontekstualBernuansaAsasKekeluargaan. Tesis. Prodi S2 PendidikanEkonomi Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HariWahyono M. Pd. (II) Dr. MitWitjaksono MS. Ed. Kata Kunci PerangkatPembelajaran PembelajaranEkonomiKontekstual AsasKekeluargaan Pembelajaranekonomiselamaini seringdijumpai guru hanyamemberikanpengetahuansesuaidenganpembahasan yang ada di dalambukupaket.Guru lebihmemilihataumenggunakanperangkatpembelajaran yang siappakai instan sertatanpaadaupayamerencanakan menyiapkan danmenyusunsendiri sehinggamemungkinkanperangkatpembelajarantersebuttidaksesuaidengankarakteristiksiswadanlingkungannyasertapembelajaranmasihdidominasidenganpemahamandalambentukteoritikdanmasihberpusatpada guru.Padasaatpenyelesaiantugas siswamasihbekerjasecaraindividusehinggasecaratidaklangsungmenimbulkankurangnya rasa salingmenghargai kebersamaan dankekeluargaan.Olehkarenaitu diperlukanpengembanganperangkatpembelajaranbukansajadapatmenghadirkandunianyatasiswatetapijugadapatmenanamkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan di dalampembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukperangkatpembelajaranekonomikontekstualbernuansaasaskekeluargaanuntuksiswa SMA NegeriSenduroLumajangberupa RPP LKS danBukuKegiatan Guru.ProsedurPengembanganmenggunakan model design based research (DBR) yang terdiridari 6 (enam) tahapyakni 1) identifikasimasalah 2) merumuskanproduk 3) mendesainproduk 4) ujicoba 5) evaluasikelayakan 6) penyempurnaandanmengkomunikasikanhasil. Hasilpengembanganberupaperangkatpembelajarandivalidasiolehdua orang ahliyakniahlidesainpembelajarandanpraktisi.Perangkatpembelajarankemudian di ujicobakansebanyaktiga kali yakniujiperorangan ujikelompokkecil danujilapangan.Data hasilvalidasidanujicobadijadikandasaruntukmelakukanrevisipadaperangkatpembelajaran yang dikembangkan. Hasilvalidasiahlidesainpembelajarandanpraktisimenunjukkan rata-rata 82.85% dengankriteriasangatbaik/sangatlayak.Hasilpenilaianujicoba LKS rata-rata sebesar 96.97% dengankriteriasangatbaik/sangatlayak.Kemuadiandipertegaslagidenganhasiltanggapansiswatentangpembelajarandidalamkelasdenganpresentasesebesar 93.5% dengankriteriasangatbaik/sangatlayak.Hal inimenunjukkanbahwaperangkatpembelajarantelahlayakdiimplemantasikandalampembelajarandikelas. Berdasarkanhasilpengembangan yang telahdilaksanakan beberapa saran yaitu (1) pemanfaatanperangkatpembelajaranmemerlukanpemahaman yang baik (2) pengembanganlebihlanjutperludikajidandikembangkanuntukseluruhmateripadakelas X dan (3) perlusosialisasibaikdalam forum diskusiilmiah maupunsosialisasimelaluifasilitase-learningsehinggamudahuntukdiakses.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61279

Actions (login required)

View Item View Item