Pengembangan pembelajaran ekonomi berwawasan keindonesiaan di MAN 3 Kota Malang / Isnan Nisa Nasution - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi berwawasan keindonesiaan di MAN 3 Kota Malang / Isnan Nisa Nasution

Nasution, Isnan Nisa (2015) Pengembangan pembelajaran ekonomi berwawasan keindonesiaan di MAN 3 Kota Malang / Isnan Nisa Nasution. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasution Isnan Nisa. 2015. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berwawasan Keindonesiaan di MAN 3 Kota Malang. Tesis.Prodi S2PendidikanEkonomi Jenjang Magister Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.S. E.D (II) Dr. Hari Wahyono M. Pd. Kata Kunci pembelajaran ekonomi berwawasan keindonesiaan pembelajarankooperatif Tujuan dari penelitian pengembanganiniyaituuntukmengembangkanpembelajaranekonomiberwawasankeindonesiaan yang di kemaskedalambukupanduan guru danbukupanduansiswa pengembanganbukupanduanini diperuntukkanbagisiswakelas X semester 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Based Research(DBR).Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatifdenganteknik statistikadeskriptifdankualitatif. Berdasarkan hasil penelitianpengembanganmenunjukkan hasiltanggapanpesertadidikpadasaatujicoba di MAN 3 kota Malang sebesar 89 2%. Hal ini berarti bahwaPengembangan Pembelajaran Ekonomi BerwawasanKeindonesiaan dapat memahamkan peserta didik tentang konsep ekonomi yang sesuai dengan idiologi bangsa Indonesia terutama dapat menanamkan nilai-nilai Pancasiladan UUD 1945 Pasal 33 yaitunilaikebersamaandankekeluargaan yang didalamnyaterintegrasi pulanilaitoleransi jujur tanggungjawab gotongroyongdandemokrasi.Selainitupenerapanpembelajaran kooperatifyang menerapkan pembelajaran kelompoksangatdibutuhkan agar siswa berinteraksi dengan teman yang lainsehingga dapat menstimulus siswa untuk menerapkannilaikebersamaandankekeluargaandalampembelajaran. Olehkarenaitubuku panduan pembelajaran ini dikembangkanuntukmemudahkan pendidik dalam mengajarkan nilai-nilai keindonesiaandalam materi Permasalahan Ekonomi dan Cara Mengatasinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61277

Actions (login required)

View Item View Item