Perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran problem based learning dan problem posing berdasarkan sikap terhadap mata pelajaran akuntansi siswa SMK Negeri Mojoagung / Faridha Ariyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran problem based learning dan problem posing berdasarkan sikap terhadap mata pelajaran akuntansi siswa SMK Negeri Mojoagung / Faridha Ariyani

Ariyani, Faridha (2015) Perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran problem based learning dan problem posing berdasarkan sikap terhadap mata pelajaran akuntansi siswa SMK Negeri Mojoagung / Faridha Ariyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ariyani Faridha. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Posing Berdasarkan Sikap Terhadap Mata Pelajaran Akuntansi Siswa SMK Negeri Mojoagung. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E MP Ak. (II) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. Kata kunci Problem Based Learning Problem Posing Sikap Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran serta karakteristik siswa diantaranya adalah sikap terhadap mata pelajaran. Pemilihan model pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran yang akan dipelajari serta karakteristik siswa di dalam kelas. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan ketrampilan kreatifitas serta mampu memecahkan persoalan-persoalah yang aktual diantaranya adalah Problem Based Learnig dan Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learnig dan Problem Posing (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki sikap terhadap mata pelajaran akuntansi tinggi dan rendah (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan sikap terhadap mata pelajaran Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi) dengan rancangan desain faktorial 2x3 dengan teknik analisis varian (two way anova) berbantuan SPSS V.20. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Kelompok Peminatan Akuntansi SMK Negeri Mojoagung Tahun Akademik 2014/2015 yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XIKU3 dan XIKU5. Kelas yang dijadikan sebagai kelas sampel adalah kelas yang memiliki jumlah siswa dengan sikap positif terhadap pelajaran yang seimbang dan memiliki hasil belajar awal yang sama (purposive sampling). Kelas pertama diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan pada kelas kedua diterapkan model pembelajaran Problem Posing. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) (4 063 3 13) P_value 0 05 (0 048 0 05) yang berarti ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa pada model Problem Posing sebesar 51 842 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa pada model Problem Based Learning yakni sebesar 48 658. (2) (5 562 3 13) P_value 0 05 (0 021 0 05) yang berarti ditolak. Siswa yang memiliki sikap pada mata pelajaran akuntansi tinggi memiliki nilai rata-rata hasil belajar 52 077 sedangkan kelompok siswa yang memiliki sikap pada mata pelajaran akuntansi rendah memiliki nilai rata-rata hasil belajar 48 324. (3) (0 010 3 13) P_value 0 05 (0 921 0 05) artinya diterima. Variabel model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran akuntansi berpengaruh sendiri-sendiri terhadap hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing. (2) Ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki sikap pada mata pelajaran akuntansi tinggi dan kelompok siswa yang memiliki sikap pada mata pelajaran akuntansi rendah. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian disarankan (1) guru harus lebih cermat dalam pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dengan memahami karakteristik mata pelajaran yang akan dipelajari dalam kelas (2) bagi peneliti pembelajaran untuk dapat melanjutkan penelitian ini dengan menggabungkan atau mengkolaborasikan model-model pembelajaran maupun memasukkan variabel-variabel kondisi yang lain sehingga dapat menemukan formula model pembelajaran yang lebih sesuai denga karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61271

Actions (login required)

View Item View Item