Pengaruh penggunaan komik dan games akuntansi, desain pembelajaran assure, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa (studi quasi eksperimen pada SMK N 1 Kabupaten Magetan) / Samsul Maarip - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan komik dan games akuntansi, desain pembelajaran assure, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa (studi quasi eksperimen pada SMK N 1 Kabupaten Magetan) / Samsul Maarip

Maarip, Samsul (2015) Pengaruh penggunaan komik dan games akuntansi, desain pembelajaran assure, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa (studi quasi eksperimen pada SMK N 1 Kabupaten Magetan) / Samsul Maarip. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran karena dengan model tersebut guru dapat menciptakan kondisi belajar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Pemakaian model pembelajaran harus dilandaskan pada pertimbangan untuk menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang tidak hanya menempatkan siswa pasif saat belajar di dalam kelas. Namun guru harus menempatkan siswa sebagai insan yang alami memiliki pengalaman keinginan dan pikiran yang dapat dimanfaatkan untuk belajar baik secara individu maupun secara kelompok. Dengan menempatkan siswa sebagai subjek belajar akan memberikan dorongan pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas berpikir dalam memunculkan pemahaman-pemahaman diri dan lingkungannya sehingga siswa akan banyak belajar dan bekerja dalam sebuah proses dan mampu untuk mengembangkan idenya secara luas. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran ASSURE yang dikontrol dengan model pembelajaran konvensional serta motivasi berprestasi yang dapat memberikan andil yang cukup besar terhadap hasil belajar. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran ASSURE dengan kelompok siswa yang belajar dengan model konvensional (2) perbedaan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) perbedaan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang belajar dengan model ASSURE dengan siswa yang belajar dengan model konvensional (4) perbedaan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang belajar dengan model ASSURE dengan kelompok siswa yang belajar dengan model konvensional (5) pengaruh interaksi antara model pembelajaran ASSURE dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif eksperimental desain factorial 2 x 2 yaitu quasi experimental control group pretest-postest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian yang diambil dua kelas yaitu kelas X Ak 1 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ak3 yang berjumlah 39 sebagai kelas control. Teknik analisis data yang digunakan adalah two-way Anova dan T-Paired Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang diajar dengan model ASSURE dengan kelompok siswa yang diajar dengan model konvensional (2) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang diajar dengan model ASSURE dengan siswa yang diajar dengan model konvensional (4) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang diajar dengan model ASSURE dengan kelompok siswa yang diajar dengan model konvensional (5) Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran ASSURE dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Adapun saran-saran yang dapat dikemukakan untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk menguji kefektifan model pembelajaran ASSURE perlu dilakukan penelitian yang melibatkan variabel-variabel kemampuan yang berbeda (selain motivasi berprestasi) dan dengan cakupan populasi yang lebih besar serta memperpanjang durasi perlakuan untuk melihat lebih cermat proses peningkatan kemampuan dalam rentang waktu yang lebih lama sehingga hasil penelitiannya lebih akurat jika digeneralisasikan dan jika mungkin dipertimbangkan untuk dilakukan juga penelitian pengembangan kualitatif atau penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61270

Actions (login required)

View Item View Item