Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema indahnya persahabatan di kelas 3 SD Gugus 3 Lowokwaru Kota Malang / Lita Melania - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema indahnya persahabatan di kelas 3 SD Gugus 3 Lowokwaru Kota Malang / Lita Melania

Melania, Lita (2016) Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tema indahnya persahabatan di kelas 3 SD Gugus 3 Lowokwaru Kota Malang / Lita Melania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Melania Lita. 2016. Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Implemetasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tema Indahnya Persahabatan di Kelas 3 SD gugus 3 Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd (II) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si Kata Kunci Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik SD Kota Malang Pendidikan di era globalisasi harus mampu menghasilkan SDM yang berkualitas salah satu cara dengan pembaharuan kurikulum. Pembaharuan proses pembelajaran Kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada penggunaan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach). Pendekatan Saintifik adalah pembelajaran yang mendorong anak untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah berikut (1) mengamati (2) menanya (3) mengumpulkan informasi (4) mengasosiasi dan (5) mengkomunikasikan. Menurut hasil observasi awal di gugus 3 Lowokwaru Malang terdapat beberapa kesulitan yang dialami guru SD dalam penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru-guru kelas 3 di SD Gugus 3 Lowokwaru Malang dalam menerapkan pendekatan saintifik. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini adalahwawancara observasi catatan lapangan dandokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci. Untuk menjaga validitas data dilakukan pengecekan menggunakan teknik triangulasi. Kegiatan analisis data menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang digunakan oleh guru sudah baik dengan memenuhi komponen-komponen utama RPP sesuai dengan Permendikbud nomor 103 tahun 2014. Kedua pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik belum berjalan secara optimal dan kurang sesuai dengan langkah 5M yang menjadi komponen pendekatan saintifik. Ketiga kesulitan yang dihadapi guru kelas 3 diantaranya 1) kesulitan dalam pemahaman dalam merancang RPP 2) kesulitan dalam mengorganisasi langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik 3) kesulitan mengatur alokasi waktu pembelajaran dengan banyaknya kegaiatan dalam pendekatan saintifik 4) kurangnya pemahaman tentang langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifk 5)rendahnya keaktifan siswa dalam kegiatan mengamati dan menanya serta mencoba yang menghambat proses pembelajaran 6) belum terpenuhinya sarana prasarana dan fasilitas yang menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Keempat upaya yang dilakukan oleh guru-guru untuk mengatasi kesulitan tersebut diantaranya dengan melakukan diskusi teman sejawat serta mengembangkan wawasan serta pengetahuan tentang pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item