Efektivitas model pembelajaran inquiry free discovery dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Gati Ayu Likasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran inquiry free discovery dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Gati Ayu Likasari

Likasari, Gati Ayu (2015) Efektivitas model pembelajaran inquiry free discovery dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Gati Ayu Likasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Likasari Gati Ayu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Free Discovery Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 9 Malang Pada Mata Pelajaran IPS. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M.Ak (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Model Pembelajaran Inquiry Free Discovery Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Model pembelajaran Inquiry free discovery adalah pembelajaran yang berpusat pada pengalaman siswa yang menekankan pada proses inquiry (meneliti) dan discovery (penemuan). Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran inquiry free discovery yang merupakan model pembelajaran dengan kelebihannya yaitu memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan sendiri permasalahan dan mencari sendiri penyelesaiannya tanpa terpaku dengan permasalahan yang diberikan oleh guru atau biasanya disebut dengan model inkuiri terbimbing. Sehingga dalam mempelajari mata pelajaran ekonomi tidak hanya terpaku pada model pembelajaran inkuiri sosial dan inkuiri terbimbing saja karena banyak model pembelajaran yang bervariasi yang memiliki tujuan sama yaitu membentuk siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan model pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran inkuiri free discovery. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t menggunakan independent-sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry free discovery. Hal ini terbukti dengan hasil persentase kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol tergolong cukup baik sebesar 46 8% sedangkan pada kelas eksperimen tergolong baik sebesar 62 5%. Sedangkan untuk hasil belajar ekonomi menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry free discovery. Hal ini terbukti dengan nilai hasil postest pada kelas eksperimen tebih tinggi dari pada kelas kontrol rata-rata kelas eksperimen sebesar 82 81 dan kelas kontrol sebesar 78 16. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry free discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi SMP Negeri 9 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61268

Actions (login required)

View Item View Item